cara memilih vga sesuai kebutuhan | dari segi komponen | Game Streaming EditingCara memilih kartu grafis vga dengan menyesuaikan kebutuhan dari segi komponen standar sampai dengan ice cool vivo editions untuk streaming 3D kelas berat baik pada PC maupun laptop.

Pengertian VGA . Menyesuaikan Kebutuhan . Komponen . Jenis Interface . GPU . VRAM Memory . BIT Bandwith . MultiPlier . OnBoard . OffBoard. Seri . VIVO . Ice Cool fan . vga laptop

VGA Card (Video Graphics Array) / Kartu grafis merupakan salah satu komponen peripheral PC yang berfungsi menampilkan gambar ke layar Monitor baik jenis tabung CRT (Cathode Ray Tube) & LCD (Liquid Crystal Display). Penggunaan vga card yang tepat dengan motherboard PC anda, akan membuat PC anda bekerja dengan optimal, terutama aktivitas yang berhubungan dengan grafis.

Untuk memilih VGA card yang paling utama adalah menentukan penggunanan untuk menyesuaikan vga dengan kebutuhan anda :

  • jika anda menggunakan PC hanya untuk aktifitas Spreedsheet + Office, maka anda tidak perlu menggunakan kartu grafis yang memiliki spesifikasi memory (VRAM) dan Bit yang tinggi, Cukup menggunakan vga yang standard atau OnBoard sudah cukup untuk kebutuhan anda karena prioritas aktivitas anda bukan pada kebutuhan grafis.

  • Jika anda menggunakan PC untuk kebutuhan Grafis, seperti streaming, rendering, animasi, konversi handycam, render dvd, game/gaming, dll. Maka andamembutuhkan kartu grafis dengan GPU (Graphics Processor), VRAM (Video RAM), dan Bit yang memadai, serta terutama adalah mendukung /Support dan compatible FULL 3D Pixel Shader dan Vertex Shader.

Apa saja komponen unsur spesifikasi dalam VGA yang umum diketahui? Dalam VGA akan menempel beberapa spek dan bagian serta komponen inti yang perlu anda kenali seperti berikut ini :

1. Jenis Interface : PCI, AGP, PCI-E (PCI Express).Memilih Vga/kartu grafis tentu yang awal harus anda ketahui adalah jenis interfacenya, yang paling utama sesuaikan dengan jenis interface dalam motherboard anda apakah PCI/AGP/PCI-E.

2. Menentukan processor grafis vga. Untuk saat ini VGA off board yang paling banyak dan dominan adalah GPU keluaran dari NVidia dan Ati Raeon, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda, karena setiap GPU memiliki kemampuan streaming dan clock yang berbeda-beda, Clock dan Streaming ini paling mempengaruhi motions image, pergerakan gambar pada layar monitor anda, dalam ukuran Mhz atau yang terbaru saat ini sudah mencapai ukuran Ghz.

3. Menentukan jenis memory vram dan kapasitasnya. VGA card memiliki memory yang berfungsi sebagai Cache (Caching dan Shadowing), yaitu tempat untuk memetakan dan menyimpan koordinat gambar dalam gugus yang yang sangat kompleks, sebelum di proses oleh processor, Semakin baik jenis memory dan semakin cepat FSB memory VGA maka proses streaming akan semakin cepat karena akan sedikit proses interupsi. VGA Memory ada beberapa jenis : SDRAM, DDR (DDR1, DDR2, DDR3) dan memory VGA memiliki ukuran kelipatan genap, mulai dari 2MB, 4MB, 8MB, 16MB, 32MB, 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 1024MB/1GB, 2048MB/2GB dan seterusnya. Untuk Jenis memorinya pilihlah vga lebih baik sesuai dengan FSB motherboard anda.

4. Menentukan BIT / Bandwith. Bandwith merupakan kecepatan transfer data pada satuan waktu tertentu dalam satu medium, BIT dalam vga card paling berpengaruh dalam menghasilkan Streaming, Rendering 3D Garfis dalam ukuran pixel yang tinggi, Fiture utama yang paling dibutuhkan disini adalah PIXEL Shader dan Vertex shader, Semakin tinggi BIT sebuah VGA maka kecepatan pemrosesan gambar akan semakin cepat dengan kualitas grafis 3D yang permanen dan tidak patah-patah, terutama aplikasi - aplikasi yang membutuhkan compatibilitas pixel shader. BIT ini merupakan kombinasi FSB pada prosessor grafis dan FSB memory kartu grafis.

5. Multiplier. Merupakan angka pengali antara FSB Gpu dengan Multiplier. Misal : PCI-E 4X, PCI-E8X, PCI-e16X, dst. Untuk menentukan multiplier ini juga anda tentukan sesuai dengan Multiplier Interface grafis MotherBoard anda. Misalkan : Motherboard anda memiliki interface grafis dengan Multiplier 4X, Anda memasang VGA Multiplier 4X dengan FSB GPU 200Mhz, Maka motherboard anda hanya akan mampu menghasilkan clock total 800Mhz (VGA Engine Clock), Multiplier pengali ini merupkan kemampuan Steping (Step by Step) kartu grafis ketika membutuhkan frekuensi tinggi ketika memproses aplikasi streameing 3D, jadi semakin tinggi Multiplier, maka kemampuan STEPING akan semakin cepat dan Gambar dihasilkan akan semakin halus, karena proses multi tasking step per stepnya sanya cepat, sehingga nyaris tidak akan terlihat INTERPUSI, karena ukurannya sangat cepat.

OnBoard VGA adalah Kartu grafis yang terintegrasi langsung pada mainboard. Jenis vga ini sharing dengan memory RAM atau dengan integrated memory mainboard. VGA Onboard memiliki keterbatasan karena sifatnya non-replaceable. OffBoard VGA adalah Graphics card yang replaceable, artinya bisa add on atau dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan yang dikehendaki pengguna. Card vga jenis ini lebih fleksible baik dalam penggunaan, konfigurasi dan perawatannya. Sehingga perhatikan pemilihan dan penentuan vga yang tepat agar bisa meminimalisir faktor yang menyebabkan komputer lambat terutama jika anda menggunakan pc untuk design, programming, gaming maupun aplikasi hard class lainnya.

Bagaimana cara menerjemahkan Seri kartu grafis yang dikeluarkan oleh pabrikan tertentu?, Untuk menerjemahkan seri dan type kartu grafis, disini akan dicontohkan sebagai berikut :
Misalkan anda menemukan/menjumpai VGA dengan spesifikasi (spek) : G-Cube Ati Radeon X600 PCI-Express 256MB DDR-2 / 128BIT / 4X, Maka cara menerjemahkannya :
  • Nama Produsen : G-Cube
  • GPU Vga : Ati radeon
  • Seri/Type : X600
  • Jenis Interface : PCI-Express.
  • Kapasitas Memory : 256 MB
  • Jenis Memory : DDR-2
  • Bandwith : 128 BIT
  • Multiplier : 4X
Contoh yang kedua, misalkan anda menemui VGA dengan spek : Gigabyte Ati-Radeon X9550 PCI-Express 512MB DDR-3 / 256BIT / 16X / ViVo / Ice Cool, Maka menerjemahkannya :
  • Nama Produsen : Gigabyte
  • GPU Vga : Ati radeon
  • Seri/Type : X9550
  • Jenis Interface : PCI-Express.
  • Kapasitas Memory : 256 MB
  • Jenis Memory : DDR-2
  • Bandwith : 128 BIT
  • Multiplier : 4X
Vga Seri Vivo EditionsViVo compatible : Video In dan Video Out (Vga yang memiliki fiture ini berarti memiliki fasilitas ganda, selain sebagai VGA, juga bisa sebagai Mixer/Tuner/Firewire Card yang fungsinya untuk me-render secara langsung Output media digital seperti HandyCam poin to poin (Usb to Usb) - Firewire to Firewire. Tidak semua VGA memiliki fiture ini, hanya seri tertentu saja dan biasanya dikeluarkan dalam versi Limit, karena penggunaanya orang tertentu saja, terutama bagi yang membutuhkan spek grafis yang sangat kompleks dan detail, Vga jenis ini juga bisa memberikan output RCA dan DVI untuk langsung dihubungkan ke TV / Televisi / LCD / Media portable lainnya, tanpa harus pakai Layar monitor, sehingga sangat flexible, VGA jenis ini biasanya sangat jauh lebih mahal.
 
Ice Cool Fan VGA : Vga ini memiliki sistem pendingan dan HeatShink ICE Cool, Seperti system FREON pada lemari pendingin, karena kinerjanya benar-benar pada BIT dan Frekuensi tinggi sehingga lebih cepat panas dan membutuhkan pendingin yang tidak standard.
Khusus untuk vga laptop maupun notebook serta portable PC lainnya yang memiliki mainboard terintegrasi all on-board (Micro ATX), VGA Pada laptop bentuknya sudah bukan card lagi, namun tidak menutup kemungkinan dengan teknologi dunia kartu grafis yang semakin berkembang, vga untuk laptop bisa migrasi seperti card fire wire.
ic chipset bridge vga untuk laptopUntuk saat ini vga laptop masih dalam bentuk IC Chipset bridge sejenis komponen terintegrasi dalam bentuk IC BGA Ball, Jadi jika ada yang tanya apa vga laptop bisa di upgrade? maka jawabannya untuk saat ini masih dibilang terbatas, artinya untuk end-user terbatas hanya pada upgrade pada RAM laptop untuk meningkatkan ruang atau kapasitas Video Memory (VRAM) saja, Kalau untuk mengganti chipset vga pada laptop itu membutuhkan keahlian khusus untuk memasang / mengganti / replace maupun mengupgrade vga laptop ini dan membutuhkan perlengkapan yang tidak sederhana seperti loop khusus, blower, ataupun smd rework dan timah maupun tinol cair maupun dengan diameter terkecil skala milimeter, karena bentuk komponen belum PnP / replaceable seperti komponen lain. Sekalipun perlengkapan sudah canggih tetap membutuhkan jam terbang dan pengalaman khusus karena memasang ic ini posisi tep kaki sudah terbalik dibawah fisik ic, kalau ic normal bisa langsung pasang atau kalau replace-can/gantian maka biasanya harus reball, Butuh ketelitian pada nat, tata letak, kepekaan pemasangan antara IC yang sudah menempel dengan timah matang dan yang masih mentah dan butuh reblow, kalau suhu tidak compatible bisa trouble. Selain itu chipset vga laptop tidak bisa digonta ganti sesuka keinginan, karena harus menyesuaikan dengan type seri board dan linearitas SouthBridge dan NorthBridge. Vga yang bagus untuk laptop dari yang sudah-sudah dan banyak yang menggunakan adalah keluaran dari NVidia dan Ati Radeon, karena memang keduanya paling konsen pada bisang kartu grafis. Nah kalau untuk bridge maupun modul mainboard maupun komponen apa saja yang berbasis micro processor chipset Intel bisa jadi piliahan terbaik, karena terkenal paling stabil dan linear untuk berbagai medan seperti grafis, programming, design, server, etc dan berbagai kebutuhan sistem komputer terutama yang membutuhkan komputasi rumit dan hard class. Jika anda ingin lebih mantap silahkan bisa konfirmasikan maupun tanyakan bisa pada rekan, teman, sahabat, saudara, teknisi atau siapa saja yang anda kenal dan paling anda percaya memiliki kemampuan khusus dan benar-benar praktisi dibidang chipset ini, sehingga referensi anda akan lebih mantap lagi.
ice cool vga card
Demikian ulasan mengenai teknik sederhana memilih dan menentukan kartu grafis dengan memahami seri dan spek yang sesuai kebutuhan komputer anda, semoga referensi singkat dan sederhana ini bermanfaat. Karena pemilihan vga yang tepat dengan interface mb yang anda pakai bisa mengurangi dampak PC yang lebih cepat panas, karena vga ini tertanam dalam bridge MB yang menjadi lalu lintas data ke processor. Pemilihan VGA yang tepat sesuai dengan interface MB juga bisa meminimalisir kerusakan vga dengan gambar patah-patah maupun tampilan layar monitor CRT maupun LCD cepat mengeluarkan blur atau bahkan terlihat bintik pecah (DOT Pitch). Terima Kasih atas Kunjungan dan Kepercayaan Anda. Selamat bekerja dan beraktifitas.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai ask vga yang bagus untuk laptop itu seri dan merk apa. Saat ini ada 2 artikel yang masuk dalam kategori vga dan monitor. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait vga yang bagus untuk laptop itu sebenarnya seri dan merk apa saja bisa dengan menyesuaikan kebutuhan anda. biasanya dari yang sudah-sudah lebih banyak yang menggunakan keluaran dari ati radeon dan nvidia. silahkan simak selengkapnya untuk memilih vga card dari yang standar sampai dengan ice cool vivo editions untuk streaming maupun rendering 3d kelas berat (hard class) untuk laptop. pilihlah komponen maupun jenis interface (isa, pci, pci-e) , gpu, video memory (vram), bit bandwith, multiplier baik untuk seri onboard atau offboard yang semuanya compatible dg ukuran seri dan tipe mainboard / motherboard laptop anda. selamat bekerja dan beraktifitas, terima kasih kepercayaan anda. hopefully your ask solved here.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.



Comment

Post Visitor

Tanya Jawab

  • Comment from Ray Mario (www.alienray.co.id) - ******laku@yahoo.co.id at 27/11/2012 - 09.27.24.AM : "Gan... Vga kalau lagi dipakai lama-lama lambat itu kenapa? vga ane GT 540 2gb tiba2 kok jadi berat klo udah panas yah? panasnya cepet banget...baru 5 menit aja udah panas...kenapa yah?"
    Replay Adm :

    Vga yg anda sebutkan, biasanya kalau dari nvidia solusinya ada dua cara yaitu soft dan hard, berikut brief description about it :

    Dengan cara soft :

    • Setting dan turunkan frekuensi / bit rate refresh vga, coba dengan resolusi 1024 x 768 dan 60Hz dan 24Bit Collor, saja. Jangan menggunakan konfigurasi paling max dulu, kemudian periksa dan rasakan, apakah suhunya masih tinggi? Jika masih tinggi, coba cek FAN dan Heatsink, apa sudah benar? masih bagus? dan Pasta heatsink tidak kering? Jika ternyata masih tetap dan fan masih bagus, maka masalahnya adalah ada di Hardware.

    Dengan cara hard (Carefully to do This) :

    • Masalah utama biasanya dan lazimnya utk vga ini ada pada IC Memory VGA (VRAM), periksa dan lihat penampang PCB vga, IC tersebut terpasang dalam dua sisi atau satu sisi saja, Jika terpasang dalam dua sisi, biasanya IC ini berpasangan antara bagian atas dan bawah, jadi jika akan mengganti atau mengurangi IC Memory, harus dalam kelipatan genap 2,4,8,16,32,64,128,256,512 dan seterusnya. Jika IC terpasang hanya dalam satu sisi, cukup anda replace dan copot salah satu IC saja, Untuk menganalisa mana IC yang rusak terutama jika bukan IC Laba-laba / kaki seribu, tapi BGA, biasanya yang berdekatan dengan GPU, karena IC ini paling cepat ketimpahan panas berlebihan dari GPU, Atau bisa cek dari kondisi fisik antara yang permukaannya rata atau yang sudah bergelombang, Atau gunakan naluri anda untuk merasakan mana yang overheat, anda sendiri nanti akan tau dibagian mana yang paling memiliki akurasi tinggi untuk repair/replace.

    WARNING : Jangan melakukan cara Hard ini hanya untuk coba-coba karena hasilnya tidak maksimal, Jika kurang yakin dan mantap, Silahkan tanyakan ke rekan, saudara, teman atau sahabat anda, Yang anda anggap terpercaya dan lebih ahli di bidang hardware vga dan elektronika digital, minta didampingi saat anda akan mencoba repair dan replace sendiri agar ada yang mengontrol, supaya tidak spekulatif dan lebih memiliki dasar / fondamen teknis saat melakukan repair ic vram ini. (do it Gently) - Thanks for your visit and trust....

    _________________________________________

    Link Exchange : Bagi yg menginginkan tukar link, silahkan masuk ke bagian L-Exchanges khusus VGA dan Monitor (Jika masih tersedia).


  • Sonnynr - ****ynovian@yahoo.com mengirimkan pesan ke (facainr/****y_4eva@yahoo.com) at 27/12/2011 - 13:18:25
    "saya pake desktop acer aspire m1800 saya mau ganti VGA yg bagus buat gamer yg qualitas bagus pakai VGA apa ya? apa ati radeon x9550 bagus? atau ada yg lebih bagus dr itu. thx"

    _________________________________________


  • Note : Untuk tanya jawab umum yg berhubungan dengan VGA dan Monitor, jawaban dikirimkan melalui email anda yang telah subscribe.


    Comment

    Post Visitor

    Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai ask vga yang bagus untuk laptop itu seri dan merk apa :

       
    Nama
     

    E-Mail

     

     

     

    Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

    Comment

     

    Hasil perkalian
    9 dan 10=?

     
      

    Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai ask vga yang bagus untuk laptop itu seri dan merk apa.

      
    Nama
    E-Mail
      
    Pesan / Konsul / Pertanyaan
    Nama rekan anda
    E-Mail rekan anda
    Hasil perkalian
    9 dan 10=?
     

    Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : ask vga yang bagus untuk laptop itu seri dan merk apa, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

      

    Nama
     
    Alamat
     
    Kota
     
    E-Mail
     
    Telepon
     
      
      

    Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

    Hasil perkalian
    9 dan 10=?
     
      
       
       
       


    Statistic And Geographics


    Simple Content For Fast Access

    -