Cara memindahkan atau setting dan konfigurasi koneksi ISP pada Mikrotik untuk Warnet Dengan Topologi jaringan yang sama. Dengan langkah sederhana tetapi tepat serta efisien.

gambar-design-jaringan-warnetBagi anda pemilik warnet mungkin suatu saat ada yang ingin berpindah ISP karena ingin menambah atau mengurangi bandwith, Jika anda ingin memindahkan gateway mikrotik anda, Maka anda tak perlu khawatir tidak terkoneksi seperti sebelumnya. Karena sama sekali tidak akan merubah topologi jaringan dan konfigurasi peer to peer hub dan client server. Jadi tidak akan rumit dan lebih mudah.

Panduan dasar ini khusus sebagai cara membagi koneksi internet dan pemindahan pada Topologi jaringan yang sama, sehingga anda hanya perlu mengkonfigurasi sedikit koneksi gateway sesuai dengan IP yang telah anda dapatkan dari ISP yang anda gunakan. Contoh ini untuk RB-450 dan RB-750, tetapi bisa di aplikasikan ke seri dan type lain.

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan setting maupun pemindahan :

  • 1. Pastikan anda sudah mendapatkan IP dari ISP yang anda gunakan, ini akan dipakai sebagai gateway.

  • 2. Pastikan lihat konfigurasi Rooter/Route sebelumnya yang akan diganti (Ingat yang akan di ganti hanya route gatewatnya saja).

CONTOH Penanganan : Misalkan sebelumnya anda menggunakan ISP dengan IP 123.456.7.99 dan akan memindahkan ke ISP dengan IP 123.456.7.88 Maka perhatikan langkah-langkah konfigurasi berikut ini :

  • Langkah 1 : Silahkan masuk ke Mikrotik anda (Winbox Recomended). Anda yang lebih memahami account anda, tidak akan dijelaskan disini.

  • Langkah 2 : Masuk ke New Terminal.

  • Langkah 3 : Cek list daftar gateway. Dengan mengetikan " ip route print " Silahkan lihat IP ISP yang sebelumnya anda gunakan di Kolom GATEWAY. Nah gateway inilah yang akan diganti. Jika sudah masuk dan benar, maka sesuai dengan contoh kasus diatas, maka akan tampil No IP ISP anda sebelumnya yaitu ex : 123.456.7.99. pada kolom gateway.

  • Langkah 4 : SET Gateway Root yang baru. Silahkan set ke IP ISP anda yang baru dengan cara (NB : Masih dalam New terminal mode), ketik "ip route set 0 gateway=123.456.7.88 " jika tidak ada kesalahan maka tidak akan keluar pesan error apapun. Keterangan : angka 0 adalah blok # dimana IP ISP (Gateway) anda sebelumnya berada.

  • Untuk melakukan tes koneksi setelah selesai set dengan konfigurasi baru, anda dapat menggunakan browser (Baik di client dan di server) yang anda gunakan untuk akses web, atau bisa dengan melakukan PING ke HUB, ADSL dan Mikrotik, Jika sukses maka Browser akan langsung menampilkan web yang anda buka, dan hasil PING akan Request sesuai koneksi anda.

  • Langkah 5 : Selesai. Jika diperlukan silahkan cek kembali koneksi fisik kabel UTP dan Socket RJ-45, mulai dari Modem ADSL, HUB Switch, Box Mikrotik. Ini dilakukan jika diperlukan saja Hanya jika ada beberapa led dalam HUB Switch/ADSL/Mikrotik ada yang belum menyala dengan konfigurasi yang sama, Jika sudah menyala sesuai dengan jumlah koneksi saat semua PC terkoneksi ke HUB maka led indikator akan menyala semuanya, dan langkah cek ini sudah tidak diperlukan supaya efisien.

Langkah sederhana tersebut diatas merupakan bagian dasar konfigurasi mikrotik dan manajemen bandwidth yang nantinya bisa anda kembangkan sendiri kedepannya dan setelah langkah diatas selesai maka warnet anda sudah siap digunakan dengan ISP anda yang baru. Jika konfigurasi baru sedah selesai : silahkan cek billing karena kadang server billing ON namun billing-client tidak konek maka cek konfigurasi dan cara instalasi billing warnet yg anda pakai dan database sql-nya. Atau jika anda masih bingung atau khawatir koneksi warnet tidak konek, anda bisa review mengenai dasar-dasar pemindahan pc antar ruangan pada warnet tanpa khawatir tidak konek.Selamat mencoba tutorial dasar setting jaringan warnet ini, semoga berhasil secara tepat serta efisien. Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda. Selamat bekerja dan beraktifitas.



Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai langkah konfigurasi warnet baru lan dan isp. Saat ini ada 18 artikel yang masuk dalam kategori jaringan. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait langkah-langkah dalam melakukan konfigurasi warnet baru, mulai dari lan (client server) sampai isp dan pembagian bandwith dengan router mikrotik.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai langkah konfigurasi warnet baru lan dan isp :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
1 dan 2=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai langkah konfigurasi warnet baru lan dan isp.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
1 dan 2=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : langkah konfigurasi warnet baru lan dan isp, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
1 dan 2=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-