Tutorial singkat mengenai jenis dan fungsi komponen pada handphone. Baik yang aktif sebagai komponen inti pengendali dan pasif sebagai aksesoris tambahan.

Komponen . Fungsi . Processor . Memory . Regulator . RF PA . Tutorial . Aksesoris . Download

Jenis Fungsi Komponen HPStruktur Handphone NOKIA BB5 dan Bagian-bagian Vital Ponsel maupun jenis komponen inti dalam HP. Ponsel Nokia terbaru yang memiliki dual processor adalah golongan BB5. Handphone golongan ini memiliki kecanggihan yang tidak dimiliki oleh golongan Nokia sebelumnya (DCT3, DCT4, DCT4WD2). Ponsel Nokia BB5 seperti Nokia 6630, 6680, 6680, 6681, N Series. Simak Selengkapnya.

Komponen utama pada struktur hp bb5 secara khusus adalah komponen yang bertindak untuk meliniearkan kinerja sistem ponsel secara keseluruhan, dan mengintepretasikannya secara GUI pada layar handphone, setelah terjadi kombinasi simultan antara program kendali dan proporsinalitas hardware dan komponen yang digunakan.

Bagian dan fungsi komponen pada HP secara spesifik adalah sebagai berikut :

  • Komponen aktif HP berfungsi tidak hanya menyalurkan tegangan (Vcc) saja tapi juga memproses timer dan clock (Data Digital) serta menginisialisasi dan sebagai pengontrol kinerja komponen yg berhubungan secara sistematis. Komponen HP yg aktif fungsinya sangat vital jika di copot hp tidak berfungsi atau mati secara total (MaTot) dan sebaliknya. Contoh nyata adalah processor ponsel kemudian regulator ponsel yg merupakan beberapa dari sekian komponen utama handphone BB5.

  • Komponen pasif pada HP fungsinya lebih dominan menyalurkan tegangan (Forward Reverse Bias) pada komponen lain dan aksesoris tambahan serta tidak difungsikan sebagai pengendali. Artinya jika anda copot komponen tersebut tidak begitu berpengaruh pada HP dan tetap menyala, contohnya anda coplok IC-PA maka hppun akan tetap nyala cuma tidak dapat signal. Contoh lainnya : IC-BT (Bluetooth) anda copot maka HP tetap ON meskipun tidak bisa buat sharing via bluetooth. Dengan catatan anda mencopotnya menggunakan mekanisme dan standar prosedur yang benar serta tidak merusak jalur serta menggunakan BGA reworks tools maupun blower yang cukup berkualitas.

 

WARNING! : Contoh dan cara diatas tidak untuk dicoba-coba terutama pada komponen tipe BGA, karena untuk mencopot dan memasang membutuhkan suhu yg sangat khusus dan kadang tidak bisa dengan ukuran dan parameter yg tertera pada blower uap yg dipakai, tapi lebih menggunakan pengalaman dan jam terbang khusus. Jika anda ingin mencoba, silahkan dampingi oleh mereka : teman, saudara, rekan, sahabat yang paling anda percaya menguasai repair hardware ponsel dan menggunakan perangkat yang recommended. Ini supaya lebih savety, realistis dan logis serta preventif. (Tyr its and all about your own risk - Do it gently!)

I. PROCESSOR HP/Ponsel yang berperan penting sebagai otak dari ponsel adalah :

  • RAP3G (3G Radio Application Processor) yang berfungsi mengatur proses kerja utama ponsel. Tegangan yang didapat dari RETU yaitu VIO 1,8 Volt, serta Vcore 1,4 Volt dari TAHVO.

  • OMAP (Open Multimedia Audio Processor) yang berfungsi mengatur User Interface seperti Camera, MMC, keypad, LCD, dsb. OMAP mendapat supply tegangan dari RETU yaitu VIO 1,8 Volt.
    Masing-masing processor memiliki memory sendiri. RAP3G memiliki NOR Flash+SDRAM, sedangkan OMAP dengan APE Combo memory

II. Memory HP Sebagai tempat penyimpanan data yang dibutuhkan oleh ponsel digunakan jenis memory (Flexible EPROM dan Permanen ROM ) sebagai berikut :

  • NAND Flash (APE Combo Memory) yang diakses oleh OMAP Processor. Memory ini berisikan data-data aplikasi serta data pengaturan User Interface pengguna. NAND Flash mendapatkan supply tegangan dari IC Power RETU yaitu VIO 1,8 Volt dan VDRAM 1,8 Volt.

  • NOR Flash+SDRAM (CMT Memory) yaitu memory yang berisikan data-data vital fungsi utama dari ponsel berisikan firmware, kalibrasi dan certificates ID. Supply tegangan VIO 1,8 Volt dari RETU.

III. Regulator Power Supply HP. Komponen Power Supply atau lebih dikenal dengan sebutan IC Power pada ponsel BB5 ini juga terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • RETU adalah IC Power Utama yang bertugas memberikan supply tegangan pada CPU, SIM Card, serta Startup Power dan tegangan vital lainnya. Juga memproses signal audio (Vibrator, Microphone,Earphone dan Speaker Phone). Kerusakan pada RETU dpt menyebabkan ponsel mati total dan kerusakan lainnya. Fungsi lain dari RETU yaitu mengatur pencahayaan LED baik LCD/Keypad Led. Keypad LED tidak akan menyala saat berada di ruangan yang terang. ALS (Ambient Light Sensor) ini terletak pada casing depan ponsel berupa transistor peka cahaya.

  • TAHVO adalah IC Power kedua yang bertugas pula memberikan tegangan ke CPU, tegangan pengisian battere (charger), tegangan flashing, serta tegangan LED. Tidak seperti DCT4, pada IC Powernya UEM yang mengandung data keamanan nomor IMEI, maka pada RETU dan TAHVO tidak ada data keamanan didalamnya, sehingga penggantian RETU dan TAHVO ini tidak diperlukan pengisian security area seperti halnya DCT4.

IV. RF (Radio Frequency) HP. IC Komponen Signal Processor pada ponsel BB5 juga terbagi dua komponen yaitu :

  • HINKU adalah komponen penerima signal (Receiver). Signal yang masuk ke ponsel diolah oleh Hinku yang kemudian akan dikirimkan menuju RAP3G dan outputnya pada speaker.

  • VINKU adalah komponen pemancar signal dari mic menuju RAP3G ke VINKU dan diperkuat oleh PA dan dipancarkan menuju isp provider.

V. Komponen lainnya dalam hp sebagai accesories tambahan (add in) adalah

  • PA GSM & WCDMA bertugas memperkuat ouput signal yang datang dari VINKU.

  • Antenna Switch mengatur jalur penerima dan pemancar signal masuk dan keluar.

  • Bluetooth IC mengontrol fungsi kerja Bluetooth untuk transfer data pada gelombang frekuensi 2,4 Ghz. Dengan mengenal dan mengetahui komponen serta fungsi kerjanya, maka kita dapat dengan mudah mendeteksi dan mengetahui asal kerusakan apabila terjadi masalah pada ponsel Nokia maupun yang serumpun dan sudah masuk golongan terbaru bb5 maupun N atau X Seires.

Tutorial Belajar Service HPBagi anda yang benar-benar ingin belajar dasar-dasar repair hp. Disediakan juga panduan tutorial service HP, Anda boleh review tutorial cara service HP dengan berbagai box flasher secara kronologis dan urut sesuai hp yg akan anda repair atau perbaiki. Bisa anda coba terlebih dahulu, agar memahami kapasitas fungsi, manfaatnya untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Dan untuk anda yang ingin download untuk melihat langsung checksum (Check Summary) serta log IC maupun komponen-komponen yang sudah dijelaskan diatas menggunakan beragam dongle tools silahkan jika berkenan bisa download SetupRepPhonselV21B didalmnya sudah disediakan demo/trial dalam bentuk video sekaligus live langsung dari hp ke box supaya lebih realistis dan lebih mudah dipahami secara visual. Jika anda cocok dan sesuai dengan visi dan kebutuhan anda, silahkan boleh register untuk menggunakannya secara penuh (Full). Sehingga secara logis diharapkan anda bisa lebih mantap dengan yang telah dideskripsikan bagian per bagian diatas. Sementara itu dahulu yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat positif dan lebih aplikatif lagi kedepannya.
Terima Kasih atas Kunjungan dan Kepercayaan Anda. Semoga referensi singkat dan sederhana ini bermanfaat untuk yang membutuhkan. Selamat bekerja dan beraktifitas. Sukses Adalah Hak Anda.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai panduan belajar teknisi hp pengenalan komponen. Saat ini ada 36 artikel yang masuk dalam kategori handphone. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait panduan belajar teknisi hp dan pengenalan komponen mulai dari struktur handphone contohnya nokia bb5 dan bagian vital paling inti dalam modul hp. referensi dan panduan ini dimulai dari golongan dan generasi dct3, dct4, dctl, wd2. anda juga akan belajar berbagai jenis komponen utama hp lainnya, seperti bagian processor, memory, regulator, ic signal rf pa, dan tidak hanya itu dilengkapi sekaligus dengan tutorial servis teknisi hp dan accesories tambahan lainnya.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.



Comment

Post Visitor

Tanya Jawab

Link Exchange : Bagi yg menginginkan tukar link, silahkan masuk ke bagian L-Exchanges khusus Handphone (Jika masih tersedia).


  • Ichank - ****os_sea@yahoo.com mengirimkan pesan ke (prabowocell/****owocell@gmail.com) at 01/10/2014 - 10:29:22
    "Gan ada pasien N70 di hidupkan hpnya, tapi di layar terbaca phoncel tidak normal silahkan konfirmasi penjual tolong gan solusinya "
    Replay Adm : Coba di UI Setting Default, Atau flash ulang dengan firmware yang versinya lebih tinggi, Dongle bisa pakai : UFS HWK, Phoenix, JAF ODEON juga bisa, kalau kerusakan hanya pada firmware, bisa langsung fix. Silahkan dicoba dulu, asalkan jangan di downgrade, kalau belum punya backup UEM hp tsb. Ok? Thanks for visits.. Hope it help

    _________________________________________


  • sugiyanto (palembang) ******anto878@yahoo.co.id/# Pertanyaan dikirim : 04/11/2012 - 11.22.49.AM #
    gan..gmana bisa dapat buku panduan aku serius ingin jd technisi hp mohon panduannya

    _________________________________________

    Note : Untuk tanya jawab umum yg berhubungan dengan Handphone, jawaban dikirimkan melalui email anda yang telah subscribe.


  • Comment

    Post Visitor

    Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai panduan belajar teknisi hp pengenalan komponen :

       
    Nama
     

    E-Mail

     

     

     

    Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

    Comment

     

    Hasil perkalian
    2 dan 10=?

     
      

    Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai panduan belajar teknisi hp pengenalan komponen.

      
    Nama
    E-Mail
      
    Pesan / Konsul / Pertanyaan
    Nama rekan anda
    E-Mail rekan anda
    Hasil perkalian
    2 dan 10=?
     

    Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : panduan belajar teknisi hp pengenalan komponen, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

      

    Nama
     
    Alamat
     
    Kota
     
    E-Mail
     
    Telepon
     
      
      

    Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

    Hasil perkalian
    2 dan 10=?
     
      
       
       
       


    Statistic And Geographics


    Simple Content For Fast Access

    -