Multiple intelligences | Kecerdasan MajemukSoal psikotes IST merupakan bagian dari sub test intelektual yang tidak hanya latihan tes iq tapi lebih multiple atau mejemuk. simak selengkapnya.

IST . IQ . Tes Intelektual . multiple Intelligences . SUB TEST . latihan tes . download

Pengertian psikotes IST (Intellegence Structure Test) secara konseptual adalah tes bakat minat maupun keberbakatan pada suatu bidang kerja, pendidikan, profesi tertentu dengan standar intelektual tes, yang berhubungan dengan digit angka, numerik, alfabet, verbal, kode dan memory dan lainnya sesuai dengan relevansi dan perkembangan core bisnis dunia kerja maupun berbagai pendidikan formal.

Sedangkan IQ adalah keseluruhan struktur kepribadian seseorang termasuk kemampuan psikologis untuk motivasi, kontrol emosi, kreatifitas, keterampilan mengambil tindakan maupun bertindak tepat secara aplikatif.

Tes Intelektual sendiri contohnya terdiri dari :

  • IST = Tes inteligensi

  • ADKUDAG = Administrasi Keuangan dan Perdagangan.

  • TKD = Tes Kemampuan Dasar (Kompetensi dasar dan kemampuan basic individu)

  • AA = Army Alpha (Untuk mengetahui daya tangkap, fokus dan konsentrasi)

  • CFIT = Culture Fair Intelegence Tes (Kemampuan mental umum)

  • TIU = Tes Intelegensi Umum

Untuk sub-test lainnya anda bisa mempelajari jenis dan tujuan setiap sub tes psikotes lainnya.

Sedangkan multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) menurut Howard Gardner seperti kemampuan bidang matematika dan logika, bahasa, musikal, spasial, kinestik, interpersonal, intrapersonal, naturalis. Silahkan simak beberapa sub dibawah ini dan pamahami arti, bentuk, dan maknanya dengan perspektif yang tepat dan fleksible, sehingga anda bisa mendapatkan manfaat maksimal baik untuk belajar maupun untuk mengasah kompetensi sesuai bidang pendidikan formal dan kerja anda, Dengan deskripsi lebih singkat sebagai berikut :

  • Kecerdasan matematika logika yang include dan berhubungan dengan kemampuan berpikir secara induktif dan deduktif, Respectibilitas dan kepekaan dalam berpikir dengan alur kronologis, logis dan rasional sehingga memiliki referensi tepat dan akurat baik secara matematis pola angka maupun secara verbal dalam solving problem untuk aplikasinya.

  • Kemampuan menggunakan bahasa baik secara tertulis maupun lisan dalam berbagai bentuk untuk mengungkapkan atau mengekspresikan dari explorasi gagasannya, Memiliki daya ingat yang kuat terhadap susunan kata tertentu dan terpola, nama, istilah ataupun hal yang sifatnya lebih spesifik dan detail, lebih mudah mendengarkan secara verbalisasi, cepat dan lebih mudah menguasai bahasa-bahasa baru.

  • Kecerdasan musikal yaitu berhubungan dengan kepekaan suara non-verbal yang terkait dengan nada dan irama disekitarnya dan lebih mudah mengingat dan mengekspresikan gagasan-gagasan atau suatu hal jika di-stimulus dengan musik-musik dengan pola tertentu bukan nada biasanya.

  • Kecerdasan visul spasial merupakan kemampuan untuk memahami lebih dalam mengenai hubungan objek dan ruang dengan daya imajinasi visual baik dalam 2D 3D dan menemukan resources yang tepat dalam memecahkan dengan solusi yang akurat sesuai dengan latar belakang bidang keilmuan formal dan bidang kerja.

  • Kecerdasan kinestetik kemampuan untuk aktif dalam menggunakan bagian bahkan seluruh anggota tubuh untuk berkomunikasi satu sama lain dan berkolaborasi memecahkan masalah secara realistis, contohnya bisa anda jumpa pada orang yang unggul dalam bidang olahraga, menari, seni tari, seni akrobatik, maupun lainnya.

  • Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan untuk lebih peka terhadap perasaan orang lain atau memiliki empati yang lebih, Mudah memahami dan berinteraksi dengan orang lain sehingga gampang bersosialisasi (kecerdasan sosial) meskipun jarang kelihatan kesana kemari namun kemampuan adaptasinya lebih respectif. Contoh real adalah : kemampuan manajerial, pengelolaan sdm, menangani perselisihan, kemampuan empati dan simpati, cepat dan respek introspeksi diri dan memiliki tingkat kedewasaan yang matang.

  • Kecerdasan intrapersonal adalah kepekaan terhadap diri sendiri yaitu mampu memahami kelebihan dan terus berusaha mengasahnya dan memahami kekurangan untuk dijadikan sebagai kekuatan motivasi yang yang nyata untuk bisa lebih lagi dari sebelumnya, dan bahkan merubahnya menjadi potensi kelebihan yang baru atau scientific posibillity.

  • Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan untuk peka dengan lingkungan alam. Biasanya bisa menemukan inspirasi baru dalam menemukan solusi dan solving problem jika setelah melihat tumbuhan, hijau-hijauan, alam yang terbuka seperti pantai, gunung, hutan. Aneka bebatuan, lapisan tanah, flora-fauna, benda angkasa dan source dari bumi dan alam natural lainnya.

Untuk IST sendiri terbagi dalam 9 (Nine Sub Test Intelligence)

SUB-TEST IST

Bentuk dan Konsep

SE (Satzerganzng)

Biasanya Melengkapi kalimat

ME (Merk Aufgaben)

Mengingat kata / bisa memory test

WU (Wurfal Aufgaben)

Biasanya dalam bentuk bangun ruang, misalnya kubus, dsb. Identik dengan AA (Army Alpha)

WA (Wortausuahl)

Menemukan dan mencari kata yang berbeda, identik dengan tes ketelitian

GE (Gmeinsamkeiten)

Mencari dan menemukan kata yang memuat dan mencakup dua pengertian sekaligus.

AN (Analogien)

Perpadanan, hubungan kata, identik dengan tes dasar silogisme

RA (Rechen Aufgaben)

Hitungan angka dengan operasi sederhana matematika (Jumlah, Bagi, Kali, Tambah, Kurangi, Dsb)

ZR (Zahlen Reihen)

Seri dan deret angka geometri aritmetika dan seri bilangan.

FA (Form Ausuahl)

Menyusun bentuk dengan pola tertentu.

Kadang saat anda berlatih tes ist ini dengan referensi latihan apa saja yang anda punya atau saat anda sedang tes / ujian pada hari deadline, atau bahkan yang berlatih menggunakan program simulasi psikotes, soal ini biasanya akan disajikan dalam bentuk yang berbeda-beda meskipun mengandung unsur diatas dan satu konsep, dan tidak ada label khusus seperti WA, WU, SE, ME, GE, AN, ZR, FA, RA Meskipun kadang ada labelnya, Jika ada tanda khusus maka seharusnya lebih mudah menyelesaikannya, Tapi jika tidak diberi label anda membutuhkan pemahaman agar lebih teliti dan cermat, serta memahami apa yang sesungguhnya sedang diinterpretasikan rekruiter / pengada tes dan relevansinya dengan infrastruktur perusahaan/recruiter dan bidang kerja yang diujikan.
Untuk lebih realistis silahkan jika sudah mendapatkan pemahaman mengenai basic IST beserta fungsi dan segmentasi sub tes, jika membutuhkan bisa download khusus soal latihan psikotes dalam bentuk program yang disediakan pada menu bar kanan, dan jika sudah cocok serta relevan dengan visi dan kebutuhan anda, bisa migrasi dan upgrade untuk latihan lebih extra, baik untuk mengasah bakat dan kompetensi akademik maupun untuk persiapan memasuki berbagai lapis core bisnis dunia kerja, bisa juga untuk tambahan asupan latihan ukg online. semoga aplikasi yang sederhana tersebut bisa bermanfaat untuk menunjang belajar anda dan mengasah bakat dan ability apa saja yang menjadi bidang anda.Sementara itu yang bisa disampaikan, semoga bisa memberikan motivasi maupun inspirasi yang positif serta berdaya guna lebih aplikatif lagu untuk anda kedepannya. Sebelum dan sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai pengertian definisi tes tkd diferensial. Saat ini ada 58 artikel yang masuk dalam kategori psikotes. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait pengertian dan definisi tes tkd (tes kemampuan diferensial) adalah jenis tool psikotes yang digunakan untuk menguji kompetensi dasar atau basic pada individu. faktor yang diukur dalam tkd antara lain : sinonim (melengkapi kalimat), aritmatika (hitungan), logika (pernyataan-pernyataan), comprehension (pengertian umum), information (menyelesaikan kalimat), deret angka, differences (mencari ketidaksamaan), analogi verbal, completion (menyusun potongan gambar), perception (membedakan antara 2 gambar). pelajari juga sub tes ist dan iq yang merupakan juga bagian dari tes inetelektual, jika diperlukan untuk latihan bisa download programnya.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai pengertian definisi tes tkd diferensial :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
7 dan 7=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai pengertian definisi tes tkd diferensial.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
7 dan 7=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : pengertian definisi tes tkd diferensial, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
7 dan 7=?
 
  
   
   
   

paket psikotes lengkap full package

panduan registrasi program psikotes

Psikotes Online


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-