Pengertian Dan Perbedaan Empati Dengan Simpati. Serta Hubungan Antara Keduanya. Simak Dengan Baik dan Teliti! Tanpa Menimbulkan Dis-Orientasi.

Resonansi perasaan . Impact Berempati . Arti Empati . definisi empati . Empati . cara menumbuhkan empati . Bagaimana Melatih empati . Kesimpulan Empati . Empati Beda dg Simpati

WARNING 1th! : Untuk membaca materi ini diharapkan anda dalam kondisi tenang dan terjaga (Konsentrasi). Jika selama membaca menimbulkan perasaan berebda (resah, gundah, bimbang, dsb) dengan apa yang anda pahami, silahkan close. Anda bisa dengarkan musik atau apa saja yang bisa menumbukan Positif Thiking yg sesuai dengan Mood anda saat ini.

Resonansi perasaan identik sebagai resonansi dari perasaan dan jiwa. Secara fisika berarti ikut bergetarnya suatu benda karena persamaan debit frekuensi (tetentu). Dengan empati, seseorang akan membuat frekuensi perasaan dalam dirinya sama dengan frekuensi perasaaan yang dirasakan orang lain. Sehingga ia turut bergetar, turut memahami, sekaligus merasakan apa yang dirasakan orang lain. Karena pikiran, kepercayaan, dan keinginan seseorang berhubungan dengan perasaannya.

Impact Berempati akan mampu mengetahui pikiran dan mood orang lain. empati ini sangat kita butuhkan. empati ini akan membuat kita terbiasa melihat sesuatu dari sisi yang lain. empati akan membuat kita bisa cepat memisahkan orang dan masalahnya, empati akan mendorong kita untuk lebih melihat bagaimana menyelesaikan masalah yang tepat pada waktu yang semestinya.

Arti Empati yaitu perasaan dimana kita ikut merasakan dan memahami orang lain. Mempunyai rasa rasa empati adalah keharusan seorang manusia, karena di sanalah terletak nilai kemanusiaan seseorang.

Ada beberapa definisi empati baik secara harafiah dan terminologi (NB : Sesuaikan pemahaman ini dengan apa yang anda pahami.)

  • Empati bisa diartikan daya tarik energi fisik. Sehingga dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempersepsi, dan merasakan perasaan orang lain.

  • Keadaan mental yang membuat seseorang mengidentifikasi atau merasa dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

  • Kegiatan berpikir individu mengenai rasa yang dia hasilkan ketika berhubungan dengan orang lain.

  • Empati adalah suatu proses ketika seseorang merasakan perasaan orang lain dan menangkap arti perasaan itu, kemudian mengkomunikasikannya dengan kepekaan sedemikian rupa hingga menunjukkan bahwa ia sungguh-sungguh mengerti perasaan orang lain itu.

  • Empati menekankan kebersamaan dengan orang lain lebih daripada sekadar hubungan.
  • Empati merupakan faktor esensial untuk membangun hubungan yang saling memercayai.
  • Empati yang naluriah akan merasakan dan menangkap makna perasaan itu. empati memberikan sumbangan guna terciptanya hubungan yang saling memercayai karena empati mengkomunikasikan sikap penerimaan dan pengertian terhadap perasaan orang lain secara tepat.
  • Empathy berarti to feel in, berdiri sebentar pada sepatu orang lain untuk merasakan betapa dalamnya perasaan orang itu.
  • Empati yang clean akan menghindarkan tekanan, pengadilan, pemberian nasihat apalagi keputusan. Dalam ber empati, kita berusaha mengerti bagaimana orang lain merasakan perasaan tertentu dan mendengarkan bukan sekadar perkataannya melainkan tentang hidup pribadinya, siapa dia dan bagaimana dia merasakan dirinya dan dunianya.
  • Empati adalah kemampuan seseorang untuk share-feeling yang dilandasi sifat kepedulian.

Untuk bisa berempati secara mendalam, itu tidaklah mudah. Rasa empati pada seseorang harus diasah. Bila dibiarkan rasa empati tersebut sedikit demi sedikit akan terkikis walau tidak sepenuhnya hilang, tergantung dari lingkungan yang membentuknya.

Terus kapan kita bisa tau cara menumbuhkan empati itu? Sebenarnya rasa empati dapat kita lakukan asalkan kita mau, kapan saja dan dimana saja kita berada. Kita harus membiasakan dari hal-hal yang sederhana. Contoh ketika kita sedang makan dan di samping kita ada orang, maka kita coba untuk menawarkan makanan itu kepadanya (walaupun kita cuma nawarin aja) tapi dengan begitu kita biasa berbagi dan peduli pada orang lain.

Kemampuan ini dipandang sebagai cara sederhana dan tidak terlalu rumit (complicated) atau kunci menaikkan intensitas dan kedalaman hubungan kita dengan orang lain (connecting with).
Kemampuan empati bisadinaikkan melalui hal berikut :
  • Berusaha semampunya Cepat menangkap isi perasaan dan pikiran orang lain (understanding others).Memberikan masukan-masukan positif atau membangun orang lain (developing others)
  • Mengambil manfaat hikmah positif dari perbedaan, bukan menciptakan konflik dari perbedaan (leveraging diversity)
  • Disiplin Memahami aturan main yang tertulis atau yang tidak tertulis dalamhubungan kita dengan orang lain (Political awareness).
  • Belajar menaikkan kemampuan kita dalam ber-empati ini merupakan kunci hubungan. Kunci kelancaran komunikasi adalah belajar menangkap apa yang tak terucap (unspoken).
Empati berbeda dengan simpati. Simpati bisa dikatakan sebagai perasaan peduli dengan perasaan orang lain tapi simpati tidak sedalam empati. Dengan simpati kita belum dikatakan bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Empati bahkan lebih powerfull jika kita pernah mengalami kejadian yang sama atau minimal orang terdekat dengan kita. Walau begitu empati tidak harus pernah kita alami sendiri.

Bagaimana Melatih empati?
  • Mulai dari diri sendiri Kalau kita mengalami perasaan positif atau negatif, segera rekam. Bisa dengan menulis diari atau saat ini yang populer dengan menulis di blog. Satu sisi kita bisa membuka kembali rekaman tersebut ketika ada seseorang yang mengalami hal yang sama dan sisi lainnya rekaman itu bisa berguna bagi orang lain yang membacanya ketika ia mengalami hal yang sama sehingga diharapkan bisa sedikit membantu
  • Dengar curhat (NB: Kalau yang anda ajak curhat berkenan saja..) Biasakan mendengarkan curhatan atau cerita orang sampai habis dan penuh perhatian. Semakin banyak mendengar cerita, masalah dan perasaan orang lain maka perasaan kita akan semakin kaya dan pada akhirnya bisa semakin tau cara memahami masalah dan perasaan orang lain.
  • Kalau kejadian menimpa saya Coba untuk membayangkan apa yang bakal kita rasakan kalau mengalami satu perasaan atau kondisi yang sedang dialami orang lain. Dengan begitu akan muncul persepsi yang seimbang.
Rasionalisasi dan realitas empati :
  • Pikirkan perilaku dan perkataan kita ke orang lain sebelum kita melakukannya atau mengucapkannya. Apakah akan menyakitinya, apakah cukup bijak dll. Pahami dengan sebaik mungkin.
  • Bersikap Adil dan Jangan menyuruh orang lain melakukan sesuatu yang kita sendiri belum melakukannya.
  • Berusaha memberikan hal yang realistis dengan menanyakan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu seseorang.
Kesimpulan Empati :
  • Empati membutuhkan ketenangan rileks fokus tanpa tegang, untuk melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.
  • Empati dominan pada hal yang tak terucap secara verbal. Intensitas komunikasi yang sama-sama nyaman dan seimbang, akan menemukan solusi yang tepat pada moment yang tepat, dengan flexible dan tidak menimbulkan DisHarmony.
  • Empati membutuhkan keberanian (mental) dan kejujuran dalam mendeskripsikannya secara verbal pada seseorang yang tepat (someone), Supaya tidak menimbulkan Distorsi yang berlebihan dan Kekhawatiran yang berlebihan. Karena apa yang anda khawatirkan belum tentu sesuai dengan yang anda pikirkan, Maka dari itu komunikasikan dengan yang anda percaya (someone), agar bisa terealisir tanpa Distorsi.
  • Empati akan mensinergikan/sinkronisasi perbedaan Untuk hikmah positif dan meaningfull, dan menempatkannya pada tempat yang tepat (proporsional).
Empati yang baik dan clean akan membuat sebuah hubungan yang meaningfull mutual (Establish Connections Without RTO (Request Time Out)), dan akan menghasilkan hal yang realistic sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam dimensi rasional, karena empati memiliki analogi yang berkaitan erat dengan mekanisme men-stimulus fungsi konsep diri yang didalamnya membutuhkan pengertian dan kesabaran dalam berusaha lebih matang memahami kedewasaan.
Empati itu bukan ilmu hitung dan Aritmetis, Tetapi empati adalah konsistensi dan continue. Empati Beda dg Simpati : Meskipun empati identik dengan simpati, namun empati lebih mendalam. Jika anda yakin dengan apa yang benar-benar ada dalam hati anda (feel), Maka berusahalah konsisten menjaganya tanpa harus terus dikontrol, karena empati akan membentuk kebersamaan yang akan continue dibutuhkan saat sekarang dan kedepannya untuk diaplikasikan dalam kebutuhan banyak hal yang real, situasional dan rasional.
Semoga deskripsi singkat ini bisa memberikan wacana dan manfaat positif untuk semuanya. Terima Kasih atas Kunjungan Kepercayaan dan Waktu Anda. Semoga kemudahan selalu menyertai anda. Sukses Adalah HAK Anda.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai pengertian empati deskripsi simpati hubungan dan perbedaan. Saat ini ada 20 artikel yang masuk dalam kategori edukasi pengembangan diri. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait pengertian spesifik empati dan deskripsi perbedaan antara empati dengan simpati serta hubungan keduanya. simak dengan baik tanpa dis-orientasi.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai pengertian empati deskripsi simpati hubungan dan perbedaan :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
5 dan 4=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai pengertian empati deskripsi simpati hubungan dan perbedaan.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
5 dan 4=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : pengertian empati deskripsi simpati hubungan dan perbedaan, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
5 dan 4=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-