Jaringan-telekomunikasi-dan-transmisinyaMekanisme KerjaJaringan Telekomunikasi dan Transmisi Komunikasi Serta Basic Pengembangan Sistem SIMPLEX dan DUPLEX Ke MultiPlexing.

Pengertian Telepon . Pengertian Telekomunikasi . contoh komunikasi simplex maupun duplex . Komunikasi SIMPLEX . Komunikasi DUPLEX . FULL-Duplex . Half-Duplex . Tujuan utama multiplexing . Bentuk dasar Multiplex . Teknik multiplexing . FDM . TDM . DECODER . Perangkat terminal

Pengertian Telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk bertukar informasi oleh dua orang atau lebih (audio converence), yang satu berperan sebagai pengirim (sender) dan satunya berperan sebagai penerima (receiver).

Pengertian Telekomunikasi adalah proses transmisi dalam bentuk informasi antara pengirim (sender) dengan penerima (receiver) menggunakan perangkat telekomunikasi, contoh komunikasi simplex maupun duplex seperti telepon, handphone dan alat komunikasi lainnya.

  • Jenis komunikasi yaitu Komunikasi SIMPLEX adalah komunikasi antara pengirim dan penerima dengan sinyal yang dikirimkan secara satu arah saja. Contoh komunikasi simplex : Siaran radio, televisi, dll. Dan Komunikasi DUPLEX adalah komunikasi antara sender dan receiver dimana keduanya bisa saling mengirimkan dan menerima sekaligus dalam satu waktu (dua arah) secara simultan. Komunikasi duplex masih terbagi menjadi : FULL-Duplex (Komunikasi duplex simultan dalam satu waktu) dan Half-Duplex (Komunikasi duplex tidak dalam satu waktu)

TEKNIK Komunikasi MULTIPLEXING adalah komunikasi dimana proses beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Dalam multiplexing juga bisa untuk ADC (Analog To Digital Converter)

  • Tujuan utama multiplexing : IRIT dan menghemat biaya implementasi jaringan fisik. (kabel, fo (Fiber Optic), dsb)

  • Dalam komunikasi, sinyal yang telah dimultipleks disalurkan ke sebuah saluran komunikasi, yang mungkn bisa saja merupakan medium transmisi fisik.

  • Multiplexing membagi kapasitas saluran komunikasi tingkat-rendah menjadi beberapa saluran logic tingkat-tinggi, masing-masing satu untuk setiap sinyal pesan atau aliran data yang ingin disalurkan (ENCODING) Sebuah proses kebalikannya, dikenal dengan deMultiplexing, dapat mengubah data asli di sisi penerima (DECODING)

  • Sebuah alat yang melakukan Multiplexing disebut multiplekser (MUX) dan alat yang melakukan proses kebalikannya disebut demultiplekser, (DEMUX).

  • Bentuk dasar Multiplex : Time Division Multiplexing (TDM) dan Frequency Division Multiplexing (FDM).Dalam komunikasi optik, FDM sering disebut sebagai wavelength division multiplexing (WDM).

Teknik multiplexing ada beberapa cara yaitu :

  • 1. Multiplexing dengan cara menata tiap informasi (suara percakapan 1 user/pelanggan) sehingga menempati satu alokasi frekuensi selebar sekitar 4 kHz. Teknik ini dinamakan Frequency Division Multiplexing ( FDM). Teknologi ini digunakan di Indonesia pada jaringan telepon analog dan sistem satelit analog sebelum digantikan dengan teknologi digital. FDM menjadi acuan dalam teknologi saluran pelanggan digital Modem ADSL (Asymetric Digital Subscriber Loop).

  • 2. Multiplexing dengan cara tiap user menggunakan saluran secara bergantian. Teknik ini dinamakan Time Division Multiplexing ( TDM). Tiap user dapat jatah waktu (time slot) tertentu sehingga semua informasi percakapan bisa dikirim melalui satu saluran secara bersama-sama tanpa disadari oleh pelanggan bahwa mereka sebenarnya bergantian menggunakan saluran. Mengapa user tidak merasakan pergantian time slot komunikasi? Karena pergantiannya terjadi setiap 125Millisecond, Berapapun jumlah user maupun informasi yang di-multiplexing, setiap use dapat giliran setiap 125 microsecond, hanya saja jatah waktunya semakin cepat.

  • 3. Multiplexing yang digunakan dalam saluran FO (Fiber Optic) - Wavelength Division Multiplexing (WDM), yaitu 1 FO dipakai untuk menyalurkan lebih dari satu sumber sinar, dimana satu sinar dengan lamda tertentu bisa untuk mewakili satu sumber informasi.

Teknik teknik komunikasi tersebut diatas yang saat ini menjadikan biaya komunikasi user/pengguna perangkat komunikasi semakin murah dan terjangkau, terutama dengan adanya Multiplexing, yang menjadi sumber ide keluarnya berbagai teknik kolaborasi sinyal yang beberapa sudah disebutkan diatas. Dengan adanya teknik Multiplexing maka biaya komunikasi semakin murah dan terhangkau, karena pada intinya :

  • 1.Irit biaya implementasi jaringan fisik. Yang diperbaharui dan diper-kompleks adalah ada di sisi perangkat terminalnya saja, Baik terminal receiver dan transmitter, yang intinya lagi berfungsi sebagai DECODER dan ENCODER sinyal.

  • 2.Perangkat terminal semakin portable dan irit tempat dan rak. Sehingga mengurangi biaya alokasi perangkat, menghemat biaya implementasi fisik.

  • 3.Predictable. Mudah di expand dan dikembangkan kearah yang lebih luas dalam jangka panjang, tanpa terlalu signifikan merubah-rubah lagi installatir dan topologi fisik jaringannya. (Investasi Jaringan Lebih Jelas aplikasi dan pengembangannya)

  • 4.Perangkat terminal (ENCODER dan DECODER) sinyal yang semakin kompleks dan canggih, menggunakan processor dan chipset yang semakin cepat processingnya, sehingga memungkinkan MAPPING Time slot yang lebih kompleks dan lebih cepat timing miltitaskingnya.

Sementara itu dulu, semoga referensi singkat dan sangat sederhana ini bisa menambah wawasan mengenai teknik komunikasi dan transmisi. Jika ingin lebih lengkap bisa review juga mengenai dasar-dasar jaringan MPLS yang mungkin dengan berbagai paketnya identik dengan teknik multiplexing. Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, Selamat bekerja dan beraktifitas. Dimanapun anda berada semoga selalu dalam kemudahan-kemudahanNya.



Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai pengertian encoding encoder. Saat ini ada 18 artikel yang masuk dalam kategori jaringan. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait encoding memiliki pengertian sebagai proses meng-konversi sinyal komunikasi data dari plain text menjadi chiper text sesuai dengan keperluan telekomunikasi, sebelum ditransmisikan. sedangkan perangkat atau alat yang di pakai untuk meng-encode disebut encoder. encoding memiliki tujuan utama agar hanya receiver yang ditunjuk atau diprogram sebagai decoder-nya yang bisa mengembalikan sinyal data decode.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai pengertian encoding encoder :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
8 dan 6=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai pengertian encoding encoder.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
8 dan 6=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : pengertian encoding encoder, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
8 dan 6=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-