Konsep elektronika digital dan dasar aplikasi rangkaian berbasis gerbang logika - Signal Flip Flop.

Pengertian Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital yang bersifat terputus-putus (Flip-Flop). Biasanya dilambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan dan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Contoh yang paling gampang untuk memahami pengertian ini adalah saklar lampu. Ketika anda tekan ON berarti terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1. Ketika di tekan OFF maka akan berlaku kebalikanya.

Modul/Blok/Rangkaian Terintegrasi/Kombinasi : Aplikasi Elektronika digital merupakan aplikasi dari aljabar boolean dan digunakan pada berbagai bidang seperti komponen ic/microchip, mcu, processor pada komputer, telepon selular dan berbagai perangkat digital lain. Hal ini karena elektronika digital mempunyai beberapa keuntungan, antara lain: sistem digital mempunyai antar muka yang mudah dikendalikan dengan komputer dan perangkat lunak, penyimpanan informasi jauh lebih mudah dilakukan dalam sistem digital dibandingkan dengan analog. Namun sistem digital juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu: pada beberapa kasus sistem digital membutuhkan lebih banyak energi, lebih mahal

Elektronika digital atau atau rangkaian digital apapun tersusun dari apa yang disebut sebagai gerbang logika. Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan ouput yang tunggal. Output yang dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip prinsip aljabar boolean. Dalam pengertian elektronik, input dan output ini diwujudkan dan voltase atau arus (tergantung dari tipe elektronik yang digunakan). Setiap gerbang logika membutuhkan daya yang digunakan sebagai sumber dan tempat buangan dari arus untuk memperoleh voltase yang sesuai. Pada diagram rangkaian logika, biasanya daya tidak dicantumkan. Dalam aplikasinya, gerbang logika adalah blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik. Gerbang logika ini dibuat dengan menggunakan transistor. Seberapa banyak transistor yang dibutuhkan, tergantung dari bentuk gerbang logika.

Dasar pembentukan gerbang logika adalah tabel kebenaran (truth table). Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran logika yaitu AND, OR, dan NOT :

  • Pada AND, bila ada dua buah input A dan B maka output atau signal hanya dihasilkan jika A = 1 dan B = 1.

  • Pada OR, bila ada dua buah input A dan B maka output atau signal akan dihasilkan jika salah satu atau kedua input bernilai 1

  • Pada NOT, bila ada satu input mempunyai nilai tertentu maka operasi NOT akan menghasilkan output / signal yang merupakan kebalikan dari nilai inputnya.

  • Pengembangan dari tiga bentuk dasar tersebut adalah NAND, NOR, NNOT

Untuk lebih lengkapnya secara literal, tabel, dan gambar rangkaian elektronika digital dan aplikasinya, bisa didownload melalui tautan dibawah ini / ( download basic elektronika digital disini - jika masih tersedia) Semoga literatur singkat ini memberi impact yang positif untuk anda, dalam memahami konsep dasar elektronika digital dan beberapa rangkaian dasar elektronika digital.

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, semoga referensi singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan dasar elektronika digital, sebelum mempelajari komputer lebih jauh.



Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai perbedaan analog dengan digital. Saat ini ada 6 artikel yang masuk dalam kategori elektronika. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait perbedaannya : jika analog, sistem hanya akan bekerja jika diberi tegangan atau vcc. sedangkan sistem digital bekerja tidak hanya dengan vcc tapi menggunakan signal digital seperti clock maupun triger, contoh sederhanyanya adalah flip-flop atau yang cukup kompleks adalah microprocessor.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai perbedaan analog dengan digital :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
2 dan 1=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai perbedaan analog dengan digital.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
2 dan 1=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : perbedaan analog dengan digital, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
2 dan 1=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-