Skill Maupun Keterampilan Valentino Rossi 46 (The Doctor) Sebagai Pembalap Motogp Dibandingkan Pembalab Lainnya.

Raja Balap MotoGp . Overtacking Sisi Luar Dalam . Ahli Mengendalikan Ban Belakang . Power Sliding . Kemampuan Balap Jarak Dekat . Late Breaking . Buka Tutup Racing Line

Valentino rossi merupakan pembalap motogp yang sering dan selalu diberitakan sebagai raja sirkuit motor - dewanya motogp. Sebenarnya apa saja skill maupun keterampilan The Doctor 46 ini dibandingkan dengan rider dan pembalap lainnya, baik di sirkuit lintasan motogp maupun diluar track sirkuit motogp? Berdasarkan otobiografie The Doctor 46, ada beberapa sejarah dan proses-proses panjang sehingga rossi bisa memiliki title seperti itu, berikut ini sedikit ulasan mengenai skill rossi 46 sebagai raja balap motogp :

  • rossi adalah satu dari sekian pembalap motogp yang mampu meraih sukses luar biasa sejak usia mudanya, dari otobiografienya rossi bisa mencapai cita-cita diatas cita-cita tertingginya, yaitu sejak kecil rossi ingin menjadi pembalap sepeda minicross tercepat dunia, tetapi pada umur 23 Tahun, rossi telah mencapai lebih dari impian tertingginya, yaitu menjadi juara dunia motogp di berbagai kelas dan menggunakan pabrikan motor berbeda-beda, pada kelas 125 (aprillia), 250(aprillia), 500(honda), motogp(honda),

  • Dan mulai tahun 2004 (yamaha), 2005 (yamaha), 2008(yamaha), 2009(yamaha), sampai dengan tahun 2005 rossi merupakan pembalap motogp yang mamapu memepertahankan gelar juara dunia motogp tujuh (7)kali secara berturut-turut tanpa jedah, dengan pabrikan motor yang berbeda-beda, ini merupakan salah satu asset rossi yang mebedakan rossi si 46 ( The Doctor) dengan pembalap yang lainnya yang pernah ada di motogp. Ini merupakan barometer dominan mengapa rossi sering diberi julukan raja sirkuit motor dewa motogp.

Max Biagi sebagai musuh bebuyutan rossi dan berseteru hingga 2005 di kancah motogp pun pada akhirnya pernah melontarkan kata-kata seperti ini "Rossi mampu membuat motor menjadi kencang, bukan motor yang membuat rossi kencang di lintasan" apa artinya?
  • Rossi memiliki kemampuan adaptasi dengan mesin motor sangat baik, sehingga rossi tahu betul cara memaksimalkan motor di lintasan dengan setting dan setelan tertentu, sehingga di tangan rossi kurva kecepatan dan laju motor bisa compatible dengan kondisi aspal dan cuaca maupun suhu sirkuit, terutama sebelum motogp didominasi oleh perangkat dan piranti elektronik. sehingga motor benar-benar kencang dengan maksimal sesuai dengan kondisi motor dan konfigurasi mesin saat itu. Mengapa biagi berkata demikian?
Pada saat 2004 rossi pindah ke Yamaha, biagi pernah berkelakar dan mengancam rossi, bahwa dengan memutuskan pindah ke Yamaha dan honda, akan membuat rossi tidak bisa tersenyum lagi diatas podium tertinggi motogp, dan pada saat itu biagi pindah dari Camel Yamaha ke Honda tim pabrikan utama, dan biagi berjanji dengan entengnya akan menghabisi rossi di lintasan balap motogp, Lalu bagaimana kenyataannya?
Pada kenyataannya terbalik, dengan berbagai segudang pengalaman dan teknik menguasai sirkuit baik didalam dan diluar arena sirkuit motor, justru rossilah yang paling piawai menutup racing line honda yang ditunggangi biagi, sehingga kecepatan motor honda yang sangat ditakuti itu bisa dibungkam oleh rossi yang saat itu menunggangi sadel yamaha, dan ini terjadi berturut-turut hingga tahun 2005 motogp, dan rossilah yang tetap memegang gelar juara dunianya bersama Yamaha. Dan ini lah salah satu dari beberapa teknis penting di sirkuit lintasan motogp yang akhirnya membuat biagi benar-benar mengakui ketajaman dan skill seorang rossi di lintasan motogp, dan membuatnya memberikan komentar " rossi bisa membuat motor kenacang, bukan motor yang membuatnya kencang", apa dampaknya bagi biagi sendiri dengan kekalahannya ini?
  • Yah, pada tahun 2006 biagi dikeluarkan dari honda karena tidak menepati janjinya bahwa biagi bisa menghabisi rossi dan memegang gelar juara dunia, asalkan diberi motor kencang milik honda yang pernah ditunggangi rossi, dalam keadaan inipun biagi masih bisa berkomentar, bahwa "Motor honda yang sekarang tidak sekencang yang ditunggangi rossi", dan pabrikan honda tetap pada keputusannya untuk mengeluarkan biagi karena kenyataannya berkata lain, dan pada tahun 2006 biagi tidak mendapatkan satupun sponsor untuk bisa mengikuti balap motogp, yang merupakan salah satu dari sekian syarat ketat, yaitu pembalap sebagus dan berkelas apa saja, jika tidak memiliki sponsor yang kuat maka pembalap tersebut tidak bisa masuk dalam gelaran kejuaraan motogp.
Sebaliknya untuk rossi, setelah musim 2005 berakhir, semakin kuatlah rossi sebagai raja motogp, semakin banyak penggemarnya, karena rossi tidak pernah sombong baik didalam dan diluar lintasan, rossi lebih senang dengan menyimpan kekuatan tersembunyi daripada memberitahukannya kepada yang lainnya, rossi dan yamahapun semakin kebanjiran sponsor, karena dari dahulu, rossi adalah magnet penonton di sirkuit motogp manapun, dimanapun motogp digelar, siapapun juaranya, rossi tetap jadi pusat magnet perhatian penggemarnya.
Sampai dengan tahun 2005 rossi sering melakukan manuver-manuver aneh dan beresiko tinggi, yaitu menuntaskan balapan dan mengalahkan lawan pada lap-lap terakhir, ini jelas-jelas pertunjukan yang beresiko, tetapi buat rossi motogp seperti sinetron katanya :
  • bagaimana caranya memacu adrenalin dan detak penonton pada akhir-akhir lap, anda semua pasti ingat pada saat Jerez 2005, pakisa 2005, mugello 2005, Philips island 2005, semua adalah cirikhas pertunjukan rossi diatas lintasan balap motogp, salah satu kemampuan yang sangat langka dimiliki pembalap lainnya, yang menjadikan motogp bukan arena pertarungan kencang-kencangan, tapi menjadi tontonan yang menarik dengan banyak estetika seni balap dan keindahan lekak lekuk sirkuit balap motogp.
Kelebihan teknis dari sekian kelebihan rossi yang paling dominan dan paling dikenal sepanjang sejarah balap motogp hingga menjelang musim 2012 bergulir adalah kemampuannya menaklukan tikungan dengan debit kecepatan yang beragam dan kurva koordinat tikungan tertentu, kemampuan rossi inilah yang paling membawa rossi banyak meraih rekor motogp, sebenarnya kemampuan menikung seperti apa yang dimiliki rossi?
  • rossi adalah salah satu pembalap yang mampu melakukan manuver overtaking di semua sirkuit dari sisi dalam dan sisi luar, jadi rossilah yang beradaptasi membuka celah koordinat kurva tikungan dengan debit tertentu, meskipun racing line rossi telah ditutup pembalap didepannya, jadi rossi seringkali melakukan manuver overtaking, diluar dugaan dan prediksi pembalap lainnya, sehingga tipis sekali agar bisa betul-betul menutup dan mengunci racing line rossi, kecuali jika motor lawannya memiliki kecepatan yang jauh lebih pesat daripada rossi, barulah pembalap itu bisa menang, atau memiliki style balap identik dengan rossi untuk perimbangan, meskipun itu sulit. Anda pasti tahu gaya balap pesaing rossi, mereka akan melesat cepat jika beradu head to head dengan rossi, karena mereka tahu jika membalab berdekatan dengan rossi sama saja dengan memberikan ruang untuk rossi menang, karena rossi memiliki kemampuan balap jarak dekat yang sangat bagus dan berpengalaman, yaitu kemampuan untuk memilinimalisir benturan berlawanan arah pada saat motor benar benar menempel pada jarak yang tidak wajar, atau hampir bersinggungan.
  • Pada tahun 2008 saat dovisioso dan lorenzo masuk pada kancah motogp, dovisioso pernah berkata " rossi adalah pembalap yang piawai dan ahli mengendalikan roda/ban belakang, Menang melawan rossi pada awal balapan adalah hal tak masuk akal dan gila, karena saya menang pastinya karena roda ban belakang rossi sedang mengalami masalah", ini luar biasa (dovisioso). rossi memiliki kemampuan power sliding.
  • Apa itu power sliding? Teknik power sliding merupakan teknik dimana seorang pembalap mampu menggunakan nalurinya untuk bisa mengunci ban depan dengan titik pengereman tertentu pada saat masuk tikungan dan keluar tikungan dengan tetap mempertahankan rotasi ban belakang, dengan teknik ini seorang pembalap bisa mencapai kecepatan yang tinggi dan stabil dengan kurva yang sempurna/bagus diluar batas debit yang telah diprogram dalam telemetri (terutama jika motor sudah menggunakan piranti elektronik),teknik ini sangat sulit dilakukan karena jika tidak menguasai dalam kecepatan tinggi saat berada pada titik terdalam tikungan, resiko terbesar adalah keluar lintasan karena terplanting dan ban depan tidak bisa mengimbangi getaran atau vibrasi roda belakang, dan teknik ini memiliki resiko akan cepat menghabiskan ban, teknik ini lebih sering digunakan pada sirkuit yang jarak totalnya lebih pendek dan butuh prediksi yang sangat matang, dan rossilah dari sekian banyak pembalap yang bisa melakukannya. Apa buktinya? coba anda lihat lagi pada saat rossi bertempur dengan biagi di ZUZUKA Jepang 2003 dan Cataluna 2003, disitu terlihat sangat jelas power sliding yang dikeluarkan seoarang rossi ( The Doctor). Terkecuali di sirkuit qatar jarang ada pembalap power sliding karena kurva tikungan didalamnya lebih banyak hairpin, dan setelah keluar dari tikungan parabolic jarang ada straight corner berikutnya yang panjang.
  • Lorenzo berkata " rossi memiliki kemampuan pengereman (late breaking) yang sangat sempurna dan mampu mempertahankan karisma saat berada diluar track, hal demikian adalah karakter yang sangat sulit ditiru, tapi sesulit apapun akan berusaha untuk aku mencobanya", rossi memiliki kemampuan pengereman late braking, artinya rossi bisa menggunakan teknik pengereman late (terlambat) sebelum masuk tikungan, pada saat pembalap lain sudah menarik tuas remnya atau menggunakan engine breaking, dan rossi mampu melakukannya baik dari dalam maupun sisi luar lawannya, ini yang membuat racing line / race line rossi sulit dikunsi pembalap lainnya, untuk melakukan ini seorang pembalap harus tahu betul lintasan sirkuit yang dilaluinya, ingat kata rossi "Kamu hanya akan melaju cepat jika kamu mengenal baik lintasanmu", makna kata rossi ini jika dijabarkan secara menyeluruh dan teknis akan sangat panjang, karena menyankut banyak aspek teknik dalam dunia balap motor (breaking, engine breaking, power sliding, dll).
  • Stoner pernah berkata saat diwawancarai, apa kelebihan rossi yang anda kagumi, stoner berkata " rossi memiliki kemampuan balap jarak dekat yang sangat baik", rossi memiliki kemampuan overtaking jarak dekat yang sangat presisi tanpa memaksa pembalap lain / lawannya keluar dari race linenya, jadi manuver overtaking yang dilakukan murni, baik dari sisi dalam dan dari sisi luar saat masuk tikungan, kemampuan rossi inilah yang mungkin dimaksud dengan kemampuan jarak dekat, dari deskripsi ini yang bisa lebih kompleks, coba saja perhatikan saat pembalap lainnya melakukan overtaking, kalau gak memaksa lawannya keluar racing line, bisa juga overtaking yang dilakukan menyebabkan ban belakang sliding, tapi rossi melakukannya sempurna dan sangat halus dan presure dan tekanan tinggi saat bertanding disirkuit, coba anda lihat pada saat pertarungan motogp rossi vs lorenzo pada Cataluna 2009, pada lap akhir, kemampuan balap jarak dekatnya dalam tipe ini sangat jelas terlihat, sampai sang komentator BBC mengatakan "The master was the master", padahal saat itu diatas kertas lorenzo sudah pasti menjuarai seri cataluna, tapi di tikungan akhir rossi yang menjuarainya.
  • V-Rossi memiliki kemampuan membuka dan menutup racing line lawannya dengan sangat cerdik (the doctor 46), coba ingat pada saat 2008 di USA Laguna Seca, pertarungan yang oleh banyak media dan komentator dijuluki manusia vs teknologi, skill membalap talenta khas rossi diadu dengan kecepatan monster ducati yang dibesut stoner.
  • apa inti balapan sesungguhnya yang terjadi, yah pada saat rossi didepan stoner, rossi mampu menutup habis racing line stoner, sehingga kecepatan monster ducati stoner, bisa diredam dan terus berada di belakang rossi
  • pada saat rossi tertinggal rossi menempel ketat dan membuka racing line stoner dengan kemampuan balap jarak dekat dipadu dengan power sliding, hingga ban rossi tipis, bisa dibilang di laguna seca semua skill rossi dikeluarkan di sirkuit laguna seca 2008, dan akhirnya sang doctor 46 rossi menjuarainya dengan luar biasa fantastis seperti doktor habis membedah otak, ini semakin menjadi magnet kuat rossi sebagai maskot motogp ke seri-seri selanjutnya.
Bagaimana kiprah rossi setelah ke ducati 2012, meskipun dalam sesi latihan dan beberapa uji coba rossi belum menunjukan skill terbaiknya? kita tunggu saja gelaran balap motogp yang sangat dinanti-nantikan seluruh penggemar motogp, terutama aksi rossi, apakah akan bikin kejutan? "Nothing Imposible For This Man", biasanya rossi memang memendam kekuatan tertentu sebelum benar-benar bertanding, semoga saja akan ada perubahan yang lebih seru dan dahsyat.
Dan mungkin itu adalah sekian dari beberapa skill khas rossi yang menjadi indikator bahwa rossi adalah raja balap motogp, seperti prediksi Mc Doohan, bahwa " rossi bisa menjadi pembalap terbaik sepanjang masa" karena dalam kisaran umur rossi, sudah banyak rekor yang terpecahkan, dan mungkin kedepan akan ada lebih lagi rekor-rekor yang mengkin terpecahkan melebihi pembalap terbaik pendahulunya, dan rossilah salah satu pembalap yang bisa menjuarai banyak gelaran motogp, dengan pabrikan motor yang berbeda-beda. Mungkin sementara itu dulu, kurang lebihnya semoga informasi ini bermanfaat khususnya penggemar motogp, nantikan motogp 2012 semoga bisa lebih seru dan dahsyat.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai skill valentino rossi sirkuit motogp. Saat ini ada 5 artikel yang masuk dalam kategori olahraga. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait skill yang menjadi ciri khusus valentino rossi dibanding pembalap lain adalah pengetahuannya tentang seluk beluk sirkuit motogp dan kemampuan adaptasinya dengan mesin motor baik elektris telemetri maupun pendahulunya mekanik non injeksi. the doctor punya cara unik menaklukan kuda besi didalam dan diluar track motogp. simak selengkapnya.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum dan Link Exchange

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
8 dan 7=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar/saran/masukan/lainnya mengenai skill valentino rossi sirkuit motogp, syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa disubscribe, karena setiap comment masuk akan disubscribe. Comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik tersebut. Comment diluar topik dan prosedur, tidak akan direspon server.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
8 dan 7=?
 

Jika anda memiliki rekan/teman yang juga membutuhkan informasi mengenai skill valentino rossi sirkuit motogp, anda boleh mengirimkan informasi ini ke rekan anda, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
8 dan 7=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-