cara melamar pekerjaan pada instansi negeri cPNS institusi BUMN maupun perusahaan swasta nasional dan asing. menggunakan cara realistis dan impresif tanpa harus spekulatif dan mengurangi substansi teknis.

jenis lamaran kerja . spekulatif . manfaat . STEP-1 . STEP-2 . STEP-3 . STEP-4 . STEP-5 . STEP-6 . download . notes

Persiapan cara melamar kerjaSebagai persiapan cara melamar kerja di suatu perusahaan, Perhatikan terlebih dahulu jenis surat lamaran kerjanya, anda melamar kerja pada rekruitasi opening atau non-opening karena cara melamar dan metodenya berbeda. Perhatikan dan teliti, apakah anda melamar karena ada pemberitahuan lowongan kerja, atau tanpa pemberitahuan reklame lowongan kerja? Perhatikan dan teliti,karena konsep melamar pekerjaan harus memiliki relevansi antara latar belakang pendidikan anda, skill kompetensi anda dengan Perusahaan/institusi rekruiter yang anda ikuti rekrutmennya.

Usahakan jangan bertindak spekulatif agar anda memiliki ukaran dan referensi yang tepat atas kebutuhan lamaran pekerjaan anda. Jika anda membutuhkan anda bisa download panduan lengkap tahap dan langkah melamar kerja, dari lamaran hingga tes. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari materi ini : simak dengan teliti cermat dan fokus, karena sejauh mana kapasitas materi panduan ini memberikan anda manfaat aplikatif tergantung yg anda pahami setelah selesai menyimak keseluruhan cara melamar pekerjaan secara urut.

Panduan ini memiliki manfaat untuk siapa saja yang membutuhkan terutama : Untuk anda yang baru lulus sekolah/kuliah. Untuk anda yang belum pernah sekalipun mengikuti proses seleksi dan rekruitasi, supaya tidak kaget dengan birokrasi dan administratif saat melamar kerja, karena sangat berbeda dengan apa saja yang sudah anda pelajari di sekolah/kuliah. Untuk anda yang mungkin masih mencoba apply dan berencana akan mengikuti atau apply ke bidang kerja pada perusahaan/institusi yang spesifik sesuai dengan bidang anda. Untuk anda yang ingin mempersiapkan sejak dini, kelak akan memasuki dunia kerja. Karena keberuntungan sebenarnya adalah waktu dimana anda benar-benar siap dengan kesempatan dan peluang yang ada.

Perhatikan STEP Berikut Ini dengan Teliti dan Cermati :

STEP-1 :Sebelum melamar pekerjaan hendaknya, persiapkan dengan matang beberapa hal mendasar berikut :

  • 1. Secara umum anda harus yakin dahulu dengan bakat skill kompetensi yang anda miliki dan kesesuaiannya dengan kebutuhan recruiter dalam core bisnis dunia kerja.

  • 2. Belajar tpa psikotes maupun instrumen test kerja sejak dini, agar tidak kaget dengan bentuk tes kerja, karena tes ini memiliki paradigma dan dimensi penilaian yang berbeda dengan apa saja yang telah anda pelajari dan dapatkan baik saat sekolah maupun kuliah. Intinya psikotes itu universal yang akan membantu anda menemukan bakat minat dan ability anda serta mengasah intelejensi anda lebih peka. Anda bisa belajar menggunakan ebook buku apapun cara yg anda suka, tapi perhatikan relevansinya dengan kebutuhan core bisnis dunia kerja, Atau jika anda berkenan bisa belajar menggunakan metode baru yaitu dengan download package : WorkBook Digital dan Program psikotes yang sudah lengkap dengan timer dan sistem simulasi tes. Program ini ada dua versi Free (Untuk Trial) dan Full Versi (Premium).

  • 3. Setelah belajar lebih jauh mengenai psikotes dengan sungguh-sungguh dan lebih dari biasanya, maka anda akan lebih mengenal diri anda sendiri, sesuai dengan bakat keterampilan dan bidang keilmuan anda, setelah itu asah skill dan kemampuan teknis yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang anda inginkan, sehingga hasil belajar anda akan lebih aplikatif.

  • 4. Setelah anda melewati langkah ke-3 diatas, saatnya anda melihat keluar mengenai core bisnis dunia kerja, bagaimana sistem rekruitasi, birokrasi dan segmen bisnis dunia kerja yang sebenarnya, Agar anda lebih mantap dan tidak spekulatif serta lebih preventif untuk result apapun nantinya. Dan dengan cara ini anda akan benar-benar paham dengan bidang pekerjaan yang anda lamar rekruitasinya dan memahami justifikasi teknis pekerjaan yang sebenarnya tida sederhana.


STEP-2 :Berikutnya adalah saat anda benar-benar akan melamar pekerjaan di perusahaan maupun institusi yang akan anda lamar bagian pekerjaannya, silahkan coba tips dan persapan berikut ini :

  • 1. Perhatikan jenis pekerjaan yang akan anda respon. Apakah termasuk opening atau non-opening. Anda harus tau ini dari awal, agar anda paham cara membuat komponen lamaran kerja opening dan non-opening recruitment untuk langkah awal melamar kerja, karena kedua jenis dan bentuk lamaran pada tahap ini berbeda formatnya.

  • 2. Setelah anda paham pada poin-1 tersebut, anda akan memiliki bentuk surat lamaran pekerjaan yang lengkap dan impresif sesuai dengan bakat dan keahlian anda, sesuai dengan CV beserta biodata ditambah resume anda.

Jika anda sudah mempersiapkan semuanya diatas dengan baik dan matang, sekarang anda bisa siapkan berkas lamaran yang mendukung sesuai dengan yang sudah anda tulis dan sertakan pada lamaran kerja anda, Ingat sertakan hanya yang dibutuhkan recruiter, jangan menyertakan berkas lain yang tidak dibutuhkan recruiter, meskipun mungkin anda memiliki keterampilan atau keahlian lebih dari yang sedang dibutuhkan.


STEP-3 :Untuk kelengkapan berkas lamaran kerja anda, sudah pasti anda yang lebih jauh mengetahui, sesuai dengan peluang maupun lowongan pekerjaan yang anda respon sesuai dengan jenisnya diatas. Tapi untuk informasi tambahan, berikut yang paling dominan menjadi syarat melamar pekerjaan dan biasa digunakan sebagai autentifikasi non-verbal yang mendukung, yaitu :

1. Pastikan anda memiliki ijazah resmi baik sekolah menengah umum maupun jenjang pendidikan tinggi strata-1, d3, dsb. Ijazah resmi yang dimaksud adalah ijazah yang anda dapat setelah anda benar-benar sudah menyelesaikan masa study sesuai dengan kurikulum tempat anda menimba ilmu. Jadi bukan menggunakan Surat Keterangan Lulus. kecuali memang diperbolehkan oleh instansi dan institusi rekruiter.

2. Siapkan berkas standar lamaran anda, untuk validitas surat lamaran, cv dan biodata anda. Berkas administratif untuk melamar kerja antara lain :

  • Foto Copy Ijazah Legalisir.

  • Foto Copy Transkrip Nilai Legalisir.

  • Foto Copy SKCK Legalisir.