Tips psikotes dan download dalam berbagai bentuk serta jenis aplikasi sebagai solusi belajar cepat dengan manfaat utama untuk mengasah kreativitas kemampuan bakat dan intelegensi serta persiapan sedini mungkin sebelum memasuki berbagai lapis core bisnis dunia kerja.

Psikotes merupakan standar tes uji untuk mengevaluasi kompetensi tersembunyi yang tidak terealisir dengan tes akademik biasa, Test psikotest erat berhubungan dengan kepribadian dan professionalisme kerja seseorang dalam dunia kerja baik secara psikis dan akademis. Anda yang saat ini mungkin sedang mempersiapkan diri atau akan mengikuti tes kerja maupun seleksi pekerjaan dari tes psikotes yang unik ini, Aplikasi ini bisa anda setup di pc anda, jika memang membutuhkan latihan intensif lengkap yang bisa anda jadikan referensi dasar dengan Tips psikotes dan persiapan-persiapan dasar sebelum mengikuti tes. Tips berikut ini sudah dilengkapi dengan program dan aplikasi semua tipe dan soal latihan psikotes : Simak dengan baik (Konsentrasi dan Fokus), Agar anda bisa mendapatkan manfaat psikotes yang maksimal dari latihan intensif setiap jenis tipe dan stepnya untuk memaksimalkan result psikogram. Simak selengkapnya dengan baik dan teliti (Karena cukup panjang).

Tips Psikotes - Umum dan dasar sebelum mengikuti psikotes atau jenis seleksi apa saja :

  • Yang paling awal adalah Anda harus memiliki keyakinan bahwa posisi pekerjaan yang akan anda masuki melalui seleksi psikotes, benar-benar sesuai dengan background skill dan pendidikan anda. Dan diharapkan anda sudah memiliki visi dimana kelak anda ditempatkan dan apa justifikasi tugas anda, Temukan dari sekarang, Ini akan penting terutama untuk anda yang mungkin baru pertama kali memasuki dunia kerja dan akan mengikuti seleksi.

  • Usahakan untuk jangan membombardir dan membabibuta memasukan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan baik tipe opening maupun non opening recruitment. Jika anda belum memahami segmen bisnis utama / justifikasi job, dan struktur organisasai dan elemen-elemen jenjang pekerjaan didalamnya. Lakukan lamaran kerja atau lakukan yang terbaik menurut anda bisa, terutama memiliki relevansi dengan background pendidikan dan skill yang anda miliki. Karena intinya perusahaan mencari kandididat yang bisa memberikan kontribusi teknis dan benefit jangka panjang pada perusahaan nantinya, dan semoga itu adalaha anda. Keberuntungan adalah waktu dimana anda benar-benar siap dengan kesempatan dan peluang yang ada, Tetaplah semangat namun yang rasional, agar aplikatif. Sukses untuk anda!

  • Kecerdasan IQ dan Intelegensi itu tidak hanya ditentukan oleh tingginya score saja, Tetapi dari jam terbang anda berlatih dan berusaha untuk mengusahakannya secara aplikatif dan relistis. Baik untuk jangka pendek dan jangka panjang. Percayalah anda memiliki potensi untuk ini, jika anda benar-benar mau meluangkan waktu dan keras mengusahakannya.

  • Jika mungkin suatu saat ada yang belum sesuai dengan hasil yang anda harapkan, Berusahalan spenuh hati untuk tidak menyalahkan siapapun disekitar anda, Tapi berusahalah mengoreksi dan mengevaluasi antara apa yang benar-benar anda pikirkan dan pahami Dengan apa yang dibutuhkan dalam dunia kerja maupun dunia bisnis, yang semakin rapat dan kompetitif. Butuh ketenangan untuk menemukan teknik dan celah ditengah kompetisi yang semakin pressure. Untuk memahami ini secara kongruen dan realistis, pelajari kembali Distribusi Polinomial, Probabilitas dan Statistik, Jika anda memahami Maka anda akan mendapatkan manfaat positif dan tentunya diharapkan Aplikatif.

Itu adalah tips dasar sebelum anda menjelajah dan bercengkrama lebih jauh lagi, Semoga anda kelak bisa berada pada tempat dan habitat yang tepat dan dengan orang-orang atau rekan sepemikiran dengan anda, Jika masih memiliki waktu luang dan membutuhkan lebih banyak, silahkan simak berbagai bentuk tips berikut ini :

TIPS Psikotes Bagian 1 (Untuk anda yang benar-benar akan mengikuti tes ataupun anda yang akan mempersiapkan diri untuk itu.):

  • Pastikan anda sudah tahu tempat tes. Ini adalah faktor yang kadang kurang menjadi perhatian, Karena jika anda belum tahu tempat tes, akan mempengaruhi fokus dan konsentrasi anda yang sbenarnya. Disarankan beberapa hari sebelum tes, anda sudah mengetahui tempatnya, bahkan usahakan sudah melihat tempatnya.

  • Istirahat yang cukup, supaya fisik optimal, Karena jika konsidi fit hati tenang maka pikiran lebih jernih. Dan perbanyak minum air putih.

  • Usahakan untuk tiba sepuluh menit lebih awal, dan jangan terlambat. Juga sebelum berangkat, jangan lupa untuk makan dan minum secukupnya agar kondisi fisik tetap prima. Karena otak membutuhkan power dan energi (Catu daya) lebih besar sekalipun dibandingkan dengan aktifitas fisik.

  • Sebelum berangkat ke tempat tes, berdoalah terlebih dulu sesuai keyakinan anda.

TIPS Bagian 2 :

  • Baca kembali surat lamaran dan CV anda, karena ada beberapa tes yang menanyakan hal-hal yang terkait dengan CV anda. Jangan sampai jawabannya berbeda dengan CV anda. CV Bisa menjadi modal berharga anda, jika benar-benar memiliki relavansi dengan apa yang benar-benar sedang dibutuhkan rekruiter (ini realistis)

  • Sebaiknya anda berlatih berbagai materi dan soal psikotes, bilamana diperlukan Silahkan download program psikotes yang anda perlukan, sehingga anda menjadi benar-benar siap menghadapi psikotes dengan hasil maksimal, karena dengan memiliki banyak referensi materi seputar soal psikotes dan pembahasannya anda akan lebih paham akan pola-pola psikotes kerja dan mekanisme rekruitasi melalu jalur seleksi psikotes dan wawancara yang benar-benar tepat segmentasinya dengan kebutuhan dunia kerja yang saat ini sangat kompetitif dan ketat.

  • Psikotes itu unik sekali, ini berbeda dengan apa yang sudah anda pelajari saat anda mengenyam berbagai pendidikan formal, Dalam psikotes : apa yang anda anggap jawaban itu benar, kadang belum tentu tepat sesuai Kunci jawaban tes psikotes atau apa yang menjadi kebutuhan rekruiter, terutama pada saat tes MAP (Map Appraisal Test) dan Pauli, kraepelin, eneagram. Keunikan ini yang harus anda pelajari pola tipe dan bentuknya.

  • Kadang ada yang merasa aneh dan kurang sreg dengan hasil tes ini, Sudah merasa benar mengerjakan berbagai jenis tahap psikotes, kok belum tembus dan masuk daftar lolos. Mengapa demikian? Jawabannya sekali lagi stabilitas dan keunikan yang relevansif dengan apa yang sedang dibutuhkan rekruiter/perusahaan pengada rekruitasi. Jadi bukan karena anda tidak bisa mengerjakan soal-soal tertentu, Tapi tingkat stabilitas dan keunikan tersebut yang harus mulai anda pahami.

  • Walaupun tidak diminta, jangan lupa untuk membawa peralatan tulis-menulis (pensil, penghapus, pena, dsb-nya) dan membawa jam (penunjuk waktu). Ini mungkin remeh, tapi lalai sedikit bisa fatal, dan bisa menjadi faktor yang memusingkan.

Pada Saat Tes :
  • Umumnya, pada setiap lembar jawaban/soal psikotes, anda diminta mengisi isian nama, tanggal, dsb-nya. Begitu anda diperbolehkan untuk mulai mengisi, jangan lupa dan jangan menunda untuk mengisinya, serta isilah dengan lengkap dan rapi. Perhatihan keseuaian dengan dengan kepribadian anda dan berikan jawaban yang real, agar rekruiter lebih mudah mengenali dan mengevaluasi kepribadian anda.
  • Dengarkan baik-baik setiap "ucapan/pengarahan" dari pengawas tes, dan ikuti semua arahan/petunjuknya. Benar maupun tidaknya jawaban anda mengerjakan soal tes psikotes, ditentukan oleh kesesuaian jawaban anda sesuai dengan instruksi pengawas tes. Ingat relevansi keunikan yang sudah dijelaskan diatas akan tes ini.
  • Demikian juga petunjuk yang ada di setiap soal tes, jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dulu, barulah anda mengerjakan soal tes-nya. Jadi jangan langsung mengisi/menjawab soal yang ada, tanpa membaca/mengetahui cara/petunjuk pengisiannya. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan jawaban yang belum tepat dengan kebutuhan rekruiter. Meskipun benar jawaban anda secara teori akademik, Ingat kembali keunikan tes ini.
  • Jangan enggan untuk bertanya ke pengawas tes. Bila ada sedikit saja yang anda tidak mengerti mengenai soal tersebut, maka langsung tanyakan ke pengawas tes yang ada. Dan jangan pernah bertanya ke peserta di kanan-kiri anda, tetapi bertanyalah ke pengawas tes yang ada.Karena pengawas tes biasanya adalah orang yang sudah terpilih dan memahami benar apa yang sedang dibutuhkan rekruiter/persuahaan pengada rekruitasi, Biasanya tester ini berasal dari lembaga-lembaga qualifier ketenagakerjaan yang sudah terpercaya, seperti saat ini UI.
  • Jangan melihat jawaban orang lain, karena akan membuat hasil anda bertentangan dengan kondisi pribadi yang sesungguhnya. Isilah apa adanya. Untuk jenis-jenis soal tertentu, jawablah yang mudah terlebih dulu. Ini akan mempermudah tester dan rekruiter melihat kepribadian anda dan relevansi khusus dengan apa yang sedang benar-benar dibutuhkan. Red : Urgently needed.
Jenis dan Tipe Test Psikotest dalam dunia kerja
Tips Bagian-3 (Hal paling dasar disiapkan adalah memahami berbagai jenis dan tipe test psikotest dan pemetaannya, Sebelum benar-benar mengikuti tes psikotes yang sebenarnya)
  • 1. Tes IQ / Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya tes verbal dan non verbal. Angka dan bahasa merupakan bagian dari tes ini. Jika Anda senang dengan teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda beruntung bisa lulus. Namun tes IQ memang dibuat standar agar bisa dilakukan setiap orang. Materi pada test ini biasanya (Tes Aritmetika, Tes Logika Aritmetika, Tes Deret Bilangan Geometri, Tes Kode dan Ingatan, dan beberapa TPA maupun TBS lainnya yang berhubungan dengan numerik dan ingatan akan sebuah wawasan umum.) Pelajari juga MAP dan Memori tes.
  • 2. Tes Kepribadian. Di dalam tes ini Anda akan dihadapkan kepada serangkaian pertanyaan mengenai berbagai dilema dalam pekerjaan, seperti bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama dan bagaimana solusi jika menghadapi suatu dilema. Dari sini dapat dikaji, seberapa jauh kemampuan Anda bekerja dalam tim dan apakah Anda termasuk orang yang hangat dalam pergaulan dan tidak kaku. Materi pada tahap ini biasanya mencakup materi psikotes Pauli dan Kraepelin. Juga masih berhubungan dengan Map Appraisal test.
  • 3. Tes Kemampuan. Anda akan diuji serangkaian tugas di bawah tekanan tinggi, apakah Anda masih bisa melakukannya. Biasanya tes kemampuan ini mengkondisikan Anda dalam suasana penuh tekanan tetapi harus menyelesaikan soal dengan cepat. Bisa bentuknya angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi. Materi pada tahap ini biasanya mencakup logika matematika, soal matematika, teka teki berhitung, tes gambar 3 dimensi, visual tes.
  • 4. Tes Kreatifitas. Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes Anda diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi yang baik semaksimal mungkin. Satu lagi tes final biasanya Anda diminta menggambar. Saya sarankan gambarlah orang yang sedang aktif bertindak, misalnya sedang lari sehingga terlihat aktif. Kata psikolog