pelajari 4 cara memahami arti psikotes dan 6 tips khusus untuk persiapan yang preventif kapanpun dan dimanapun anda mendapatkan kesempatan seleksi atau untuk persiapan sedini mungkin sebelum memasuki core bisnis dunia kerja. Bisa langsung anda download tanpa overload.

Psikotes . Persiapan . Seleksi . TIPS . Download

WARNING : Perhatikan dan Simak Dengan TELITI meskipun fasilitas download sudah disediakan. Agar anda memahami bahwa sebenarnya psikotes bersifat fleksibel dan universal untuk memaksimalkan apapun bakat dan kompetensi anda, yang mungkin belum anda kenali, sehingga kemampuan anda semakin terasah lebih matang dan siap kapan saja menghadapi berbagai peluang core bisnis dunia kerja. Responsibilitas hasil belajar anda maupun lebih khusus ke psikogram maupun psikometri tergantung dari apa yang benar-benar anda pahami. Fokus dan teliti menyimak keseluruhan, shingga anda paham dengan kunci realistis yg dimaksud. Karena tidak mudah mendeskripsikan headline diatas dengan skema yang sederhana. Teliti dan cermat supaya anda mendapatkan manfaat edukatif, positif dan lebih aplikatif.

Pengertian Psikotes Fungsi dan Penggunaan dalam Tes Kerja :

  • 1. Psikotes merupakan tes guide-line sco unix yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan kompetensi yang bersemayam pada seseorang beserta faktor psikis yang menyertainya, serta rahasia psikotes maupun rumpun tes ini tidak hanya mengukur intelegensi anda bahkan lebih dari itu bersifat psikis. Tapi anda tak perlu khawatir, ini tidak terlalu rumit jika anda mau memahami dan mengusahakannya. Karena psikotes memang bukan standar tes biasa yang baku seperti saat anda menempuh berbagai pendidikan formal, namun secara realistis tes ini sebenarnya lebih dinamis.

  • 2. Bentuk tes ini sangatlah beragam. Konsepnya berisi : Tes Verbal (Kemampuan Diplomasi Publishing dan Pengembangan / Developing - OUTER), Kognitif (Berhubungan dengan IQ dan Struktur Intelegensi (IST) - INNER), Tes Kepribadian (MAP Tes) berhubungan dengan gesture dan karakteristik personality dengan bidang kerja dan jabatan yang diembannya kelak (Professionalisme). Tes seperti ini lazim digunakan hampir seluruh HRD. Baik CPNS, BUMN, Perusahaan Swasta, maupun perusahaan asing.

  • 3. Bagian inti dalam psikotes seperti : Tes Kosa Kata (Analogi Verbal, Silogisme, Sinonim, Antonim, wawancara, Sejenisnya), Tes Matematika (Konsep Aritmatika, Geometri, Integral, Diferensial, Deret Seri Angka Huruf dan Bilangan, Polinomial, Etc), Tes kepribadian (MAP, Wartegg, Eneagram, Papikostik, Gambar Spasial, Etc sejenis)

  • 4. Psikotes bukanlah barang aneh, psikotes memiliki kepentingan yang spesifik dan educated seperti yang sudah dijelaskan beberapa diantaranya itu. Psikotes bukan alat untuk "menyingkirkan" kandidat yang tidak diinginkan bahkan untuk sarana "berlindung" bagi penyelenggara/tester. Psikotes bisa anda pelajari secara realistis konsisten dan educated. Psikotes sudah menjadi standar yang lazim untuk mngintepretasikan dan memetakan kompetensi akademik dan psikis, karena dalam dunia kerja keduanya dibutuhkan secara simultan tanpa membuatnya dis-harmonies maupun miss-orientasi.

Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Mengikuti Psikotes (Faktor Edukatif, Mental dan Fisik)

  • 1. Memperbanyak latihan berbagai bentuk tes, jenis soal-soal, dan ragam pemetaan tes pada beberapa bidang kerja spesifik. Tujuannya adalah supaya anda lebih mantap dan percaya diri namun tidak berlebihan. Semakin anda percaya diri maka anda akan semakin tenang, semakin anda tenang maka anda mudah belajar memahami banyak hal terkait didalamanya bahkan aplikasinya kelak didunia kerja maupun dunia bisnis yang semakin kompetitif dan ketat.

  • 2. Menambah pengetahuan umum melalui berbagai media (TV, Tabloid, Majalah, Koran Harian, Dsb) jika anda ada waktu meluangkan itu. Baik mencermati berita-berita aktual (tentunya yang dominan berhubungan dengan dunia kerja, bisnis, peluang usaha, teknologi informasi). Tujuannya adalah melatih kepekaan dan wawasan anda untuk tes pengetahuan umum (TPU). Dan dengan wawacan umum yang memadai maka anda akan lebih mudah beradaptasi dengan dunia mana yang anda anggap tepat dengan kompetensi dan background pendidikan yang anda punya, Sehingga tidak terlampu spekulatif.

  • 3. Menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan, bisa dengan olahraga apa saja yang anda anggap paling nyaman dan sesuai dengan kondisi situasi dan waktu anda. Dan ada lagi jika anda benar-benar memahaminya, kebugaran dan kesehatan tubuh bisa anda jaga dengan pikiran dan afirmasi positif. Ini bukan hal sembarangan, Silahkan saat ini anda tenang, dan pikirkan dengan educated dan rasional : "Ketika anda lelah, cape, pusing, sakit, pegal-pegal, bingung, khawatir, kurang PD, dsb" Pertanyaan untuk anda : Bagian tubuh mana yang mamapu merespon dan menerjemahkan semua itu secara simultan tapi tidak membuat dis-orientasi dan dis-harmonies? Yah, dia adalah PROCESSOR Otak anda yang cerdas itu, yang berisi milyaran neuron dalam menerjemahkan semua itu secara Sco Unix SCIENTIFIC. Logis dan Rasional! - Jika anda berpikir positif ditambah dengan kondisi fisik prima dan daya tahan cukup, Maka kreativitas andalah yang akan muncul, Tapi sebaliknya jika anda berpikir negatif + kekhawatiran berlebihan, yang ada hanya ruwet + rumit + kompleks, Itu analoginnya. Tidak ada hal yang lebih mudah selain anda benar-benar memahami apa yang sebenar-benarnya anda pikirkan. (Positif Thinking - Practicing Neuroscientific).

  • 4. Ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu peralatan tempur (maksudnya alat tulis) jangan meremehkan ini, kurang satu spare saja, bisa mengurangi dan menguras waktu anda saat tes, Jika anda modar-mandir hanya mencari alat tulis menulis.Dan jangan sampai kemampuan dan persiapan matang yang anda lakukan bisa tersabotase hanya karena keringat dingin maupun kekurangan alat tulis saja. Teliti dan cermati.

PERSIAPAN Khusus saat benar-benar tes atau saat berada diruangan seleksi psikotes (Perhatikan Dengan baik):

  • 1. IKUTI PETUNJUK INSTRUKTUR TES dan Jangan melihat hal lain yang bisa mengecoh anda saat tes. Ikuti arahan tester saja, perhatikan dengan baik, karena tester lebih tau yang dibutuhkan perusahaan rekruiter. Poin ini bisa menjadi kunci sukses dan bisa menjadi kunci gagal. Analaoginya : Tidak sedikit dari mereka yang gagal melewati lubang jarum psikotes hanya karena merasa menjawab benar, Tapi jawabannya tidak sesuai relevan dengan intstruktur tes, akhirnya gagal. Pun tidak sedikit dari mereka yang tidak mengerjakan semua soal tes namun jawabannya benar-benar tepat dengan intruksi tester dan akhirnya sukses tanpa disangka-sangka. Jangan sampai anda gagal psikotes apalagi kalah score dengan yang tidak mengerjakan seluruh soal tes. Cermat dan Teliti!

  • 2. Pilihlah soal yang paling mudah dan paling cepat bisa anda jawab. Jangan menjawab soal yang anda anggap bisa anda kerjakan hanya karena rasa penasaran dan haus ingin memecahkan soal, Tipe soal seperti ini hanya akan menguras waktu dan pikiran anda, dan anda bisa kehilangan poin dengan soal yang lebih mudah menjawab dan mengerjakannya. Dan Psikolog/Psikotester tau bagaimana membuat soal semacam itu hingga akhirnya membuat anda dilematis. Pelajari poin ini hingga anda paham dengan kondisi psikis anda, bagaimana anda menguasai diri untuk fokus dengan target dengan waktu se-efektif mungkin agar hasilnya optimum.

  • 3. Percaya diri dan kerjakan sendiri, Terutama jika anda menghadapi soal seperti : MAPP, Wartegg, Eneagram, Papikostik. Ingat psikotes tipical ini untuk ukur professionalisme bakat dan kepribadian anda sendiri, jadi anda lebih paham dengan kondisi anda sendiri. Ingat sekali lagi tes jenis itu.

  • 4. Tenang, cermat dan teliti Meskipun harus cepat. Terutama jika anda menghadapi soal tes yang berhubungan dengan angka, bilangan matematika. Seperti : Aritmatika, Geometri, Deret Seri, Spasial, Army Alpha, Integral, Diferensial. JANGAN Sampai anda terkecoh dengan angka sederhana atau angka sedikit hingga akhirnya anda berpikir mudah menjawabnya. PALING UTAMA PERHATIKAN : Pahami bagaimana bilangan itu berhubungan dan berinteraksi dalam menghasilkan bilangan berikutnya. Pahami pola dan irama bilangan, dengan cara ini anda akan menemukan jawaban tepat tidak hanya benar.

  • 5. Konsentrasi juga sangat-sangat penting. Apa itu konsentrasi? Aktifitas untuk fokus pada satu objek tanpa menambahkan hal-hal lain yang tidak bahkan sama sekali tidak berhubungan. Kemampuan ini adalah kemampuan anda menguasai diri dan terjaga sepenuhnya tanpa mempengaruhi niat dan minat positif anda.

TRIK Simpel dan TIPS Menjawab Soal PSIKOTES :
  • 1. Dengarkan hanya dari instruktur tes itu pasti, sudah dijelaskan diatas.
  • 2. Saat tes gambar, perhatikan : Gambar pohon maupun orang atau objek lain yang diujikan, Jika gambar arsiran gradien proporsional dan gambar lengkap, Mencerminkan anda orang yang suka dengan detail dan spesifikasi. Gambar dengan arsiran dan gradien keras serta jelas akan mencerminkan anda orang yang tegas dan terbuka. Gambarlah dengan cara yang sesuai dengan instruksi tester dan sesuai dengan kondisi kepribadian anda, jangan merubah mengkonversi seperti apa yang anda gambar bertentangan dengan apa yang ada dalam diri anda, meskipun anda sudah tahu jenis dan cara beradaptasi. Jadilah anda sendiri tanpa membuat seperti apa lainnya, karena dengan mengalir sesuai dengan naluri anda, maka anda lebih mudah mengekspreiskan dan merepresentasikan secara meyeluruh namun tetap sistematis. (Logis dan Rasional).
  • 3. Konsisten dengan jawaban anda karena ada kalanya tidak menutup kemungkinana soal yang sama akan muncul pada halaman lain berikutnya bahkan pada topik yang berbeda. Psikotester/Psikolog punya hak untuk itu dan tau bagaimana membuatnya seperti itu, Dan tugas anda hanya satu konsisten dengan jawaban anda pada soal yang sama di tempat halaman yang berbeda-beda bahkan dalam bentuk berbeda tapi dengan konsep yang sama. Berusahalah seteliti dan secermat mungkin.
  • 4. Tulis saat menulis biodata sebelum tes dengan jelas, lengkap, singkat NAMUN Deskriptif, terserah bagaimana anda membuatnya seperti itu. Jangan sampai apa yang menjadi hak dan kompetensi anda, terganti (Replaceable) hanya karena salah satu huruf atau beberapa angka. Cermat, teliti dan jangan remehkan meski ini sederhana keliatannya.
  • 5. Selalu perhatikan waktu ujian. Jika anda merasa waktu sudah mepet jangan memaksakan diri, jawaban pertanyaan yang anda nggap mudah dan nyaman anda jawab. Jika anda merasa waktu lebih maka gunakan sisa waktu untuk koreksi kembali jawaban anda, jawaban yang tepat dan tidak hanya benar. Anda pasti jauh lebih paham maksundya ini.
  • 6 . Selalu Berpikiran Postif, dan berusaha untuk itu. Baik nantinya anda lulus psikotes maupun belum lolos tes ini. Tanpa menyalahkan siapapun. KENAPA Demikian? Pikiran positif adalah sumber naluri anda yang kreatif, tapi kebalikannya pikiran negatif akan mensabotase potensi dan kretivitas anda sendiri baik sekarang dan kedepannya. Jika anda menyadari PSIKOTES sangat-sangat bermanfaat dalam berbagai bidang dan mempermudah anda merespon dan menerjemahkan berbagai bentuk peluang kedepannya, baik sebelum dan sesudah masuk sistem. Jika anda tekun mempelajarinya tanpa mengkhawatirkan banyak hal. Itu saja poinnya.
Berikut ini fasilitas download serta apa yang sudah dijelaskan diatas adalah KRONOLOGI Singkat mengenai siklus dan fase psikotes dan pemetaannya dalam dunia kerja, Semua itu berisi konsep sistematis jika anda benar-benar memahaminya. Dan itulah kunci jawaban psikotes yang realistis serta bagaimana menguasai dan bahkan menaklukan psikotes menurut versi yang anda pahami saja, Karena PSIKOTES sangat fondamental dan Universal. Untuk bagian dibawah ini khusus untuk anda yang ingin belajar psikotes secara detail lebih dari yang sudah dijelaskan entry poinnya diatas, Jika anda merasa sudah mendapatkan manfaat dengan penjelasan diatas, maka itu semua free starter kits untuk anda, dan anda tidak perlu melakukan registrasi apapun. Tapi jika anda membutuhkan download soal latihan psikotes ditambah package lengkap dan lebih detail beserta SN + Log-Key sekaligus programnya, Maka silahkan simak berikut ini, mulai dari : Spesifikasi Package PSIKOTESV21DF4, Fungsi dan Manfaat, Kapasitas dan Validitas, User Guide dan Penggunaan, Serta TOS (Term Of Service). Silahkan simak secara keseluruhan agar lebih lengkap, detail, realistis dan rasional. Semoga bisa meningkatkan dan memaksimalkan berbagai aspek penilaian psikogram bakat dan kompetensi anda serta relevan dengan berbagai peluang core bisnis dunia kerja yang sedang maupun akan anda hadapi. [Download Here]
Sebelum dan Sesudahnya Terima Kasih Atas Kunjungan dan Kepercayaan Anda.
Sukses Adalah Hak Anda.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai kronologi singkat siklus dan fase psikotes. Saat ini ada 58 artikel yang masuk dalam kategori psikotes. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait apa yang sudah dijelaskan diatas adalah kronologi singkat mengenai siklus dan fase psikotes dan pemetaannya dalam dunia kerja, semua itu berisi konsep sistematis jika anda benar-benar memahaminya. dan itulah kunci realistis bagaimana menguasai dan bahkan menaklukan psikotes menurut versi yang anda pahami saja, karena psikotes sangat fondamental dan universal.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai kronologi singkat siklus dan fase psikotes :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
2 dan 1=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai kronologi singkat siklus dan fase psikotes.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
2 dan 1=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : kronologi singkat siklus dan fase psikotes, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
2 dan 1=?
 
  
   
   
   

paket psikotes lengkap full package

panduan registrasi program psikotes

Psikotes Online


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-