Dasar-dasar-jaringan-MPLSDasar Dasar Jaringan MPLS (Multiprotocol Label Switching) dan lapisan paket network.

MPLS . Konsep MPLS . Sistem MPLS . CE Customer Edge . LER . LSR . LSP . Cara forwarding

Jaringan MPLS (Multiprotocol Label Switching) merupakan sebuah teknik yang menggabungkan kemampuan manajemen switching yang ada dalam teknologi ATM dan fleksibilitas network layer yang dimiliki dan sudah terintegrasi dalam teknologi IP.

Konsep utama MPLS adalah teknik peletakan label dalam setiap paket yang dikirim melalui jaringan. MPLS bekerja dengan cara memberi label untuk paket-paket data, untuk menentukan rute dan prioritas pengiriman paket, Sehingga pengiriman dan penerimaan data lebih robust dan secure. Karena sangat ketat filtrasi paket data jaringannya.

Label tersebut akan memuat informasi penting yang berhubungan dengan informasi routing suatu paket, diantaranya berisi tujuan paket serta prioritas paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu. Dengan adanya label dalam paket data ini, maka data yang berjumlah banyak akan tetap harmonis dalam RX (Terima) dan TXnya (Transmitenya), tanpa bertumbukan.

Sistem jaringan MPLS ini memiliki cara dan mekanisme kerja yang cukup kompleks karena memiliki arsitektur unik dan tersendiri. Untuk itu, Jika kita ingin memahami dasar-dasarnya, harus mengetahui perangkat-perangkat dominan, yang digunakan pada jaringan MPLS dan mengerti fungsi kerja dari masing elemen pada jaringan MPLS, Antara lain :

  • CE Customer Edge. Perangkat jenis CE merupakan perangkat yang banyak berhubungan dengan jaringan customer, atau dapat juga berupa perangkat customer itu sendiri. CE bertugas menghubungkan jaringan customer dengan jaringan provider. contohnya saja seperti hub,switch dan router, repeater.

  • LER merupakan merupakan router MPLS, router pertama dalam domain MPLS yang terletak pada ujung-ujung jaringan MPLS yang berhubungan dengan jaringan luar. Pada LER terjadi proses penyisipan label (inggress) dan pelepasan label (egress).

  • LSR merupakan adalah router atau perangkat yang memiliki kemampuan untuk melakukan forwarding paket-paket berdasarkan label MPLS. pada router LSR terjadi pertukaran label atau yang dikenal dengan label swapping. LSR terletak pada inti (core) jaringan MPLS.

  • LSP Untuk melewati jaringan MPLS, sebuah jalur trafik paket disediakan untuk perjalanan FEC yang ditetapkan pada sebuah pengaturan transmisi data ini dinamakan label switched path (LSP).

Penjelasan diatas adalah sebagai berikut :

  • 1. Paket diterima oleh LER (ingress) yang berfungsi sebagai gerbang awal data masuk ke dalam jaringan MPLS. Setelah paket diterima, diberikan sebuah label pada paket agar paket dapat diteruskan pada LSR yang dituju

  • 2. LSR menerima paket yang telah diberi label. dengan informasi label tersebut LSR akan menukarkan label dengan memberi label baru pada paket tersebut. dan kemudian akan diteruskan menuju router selanjutnya.

  • 3. Setelah terjadi mekanisme forwarding seperti diatas hingga paket sampai pada LER (egress), pada LER egress terjadi pelapasan label dari paket dan kemudian paket diteruskan menuju destinasi.

Cara forwarding ini lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses Routing IP tradisional. dengan penambahan sebuah label pada paket IP dan meneruskan paket tersebut berdasarkan pada label. Analisis header IP dilakukan hanya sekali yaitu pada ingress node atau router MPLS pertama dalam domain jaringan MPLS. sehingga memudahkan dan mempercepat proses routing. Untuk tambahan referensi lebih lengkap mengenai telekomunikasi, silahkan anda bisa review mengenai jaringan telekomunikasi dari berbagai basis dasar mulai dari simplex, duplex, dan multiplexing. Atau bisa memahami mengenai konsep kerja jaringan vpn yang mungkin saja secara cloud computing dan pemaketan lapis network-nya identik dengan mpls.

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda. Semoga referensi maupun panduan sederhana jaringan ini bermanfaat dalam memahami basic network mpls. Selamat bekerja dan beraktifitas.

Tag : Terimakasih sudah menyimak Konsep Dasar Jaringan MPLS | Cara Kerja Sistem Data semoga bisa memberikan inspirasi yang positif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang resferensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika disediakan fasilitas download ada di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Jaringan ini merupakan sub dari Dasar JARINGAN MPLS.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai sistem jaringan mpls cara mekanisme kerja switching network. Saat ini ada 19 artikel yang masuk dalam kategori jaringan. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait Sistem jaringan MPLS (Multiprotocol Label Switching) dan cara kerja serta mekanisme siste switching paket data network MPLS.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.

Kategori Jaringan Komputer Belajar Internet -



Comment

Post Visitor

Tanya Jawab

  • Comment from yunus arifin (youfinz_bali3@yahoo.com) - ******nz_bali3@yahoo.com at 12/03/2012 - 11.56.51.AM : "saya mau menanyakan apa bila router MPLS disini terdiri dari 3 router saling terhubung(seperti gambar segitiga) apa bisa forward paket tanpa melalui LSR? jadi LERingres langsung menuju LERegress? terima kasih. bisa balas ke email saya."
    Replay Adm : Tergantung jenis router merk type dan kapasitas network service yang terintegrasi pada FW perangkat router yang anda gunakan, Karena untuk paket spesifik seperti itu caranya tidak selalu konstanta, serta menyesuaikan dengan kapasitas kebutuhan dan fitur service network yang ada dalam FW router yg digunakan, Sementara itu dulu - Thanks for visit and trust....

    _________________________________________

    Link Exchange : Bagi yg menginginkan tukar link, silahkan masuk ke bagian L-Exchanges khusus Jaringan (Jika masih tersedia).



  • Note : Untuk tanya jawab umum yg berhubungan dengan Jaringan, jawaban dikirimkan melalui email anda yang telah subscribe.


    Comment

    Post Visitor

    Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai sistem jaringan mpls cara mekanisme kerja switching network :

       
    Nama
     

    E-Mail

     

     

     

    Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

    Comment

     

    Hasil perkalian
    10 dan 3=?

     
      

    Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai sistem jaringan mpls cara mekanisme kerja switching network.

      
    Nama
    E-Mail
      
    Pesan / Konsul / Pertanyaan
    Nama rekan anda
    E-Mail rekan anda
    Hasil perkalian
    10 dan 3=?
     

    Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : sistem jaringan mpls cara mekanisme kerja switching network, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

      

    Nama
     
    Alamat
     
    Kota
     
    E-Mail
     
    Telepon
     
      
      

    Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

    Hasil perkalian
    10 dan 3=?
     
      
       
       
       


    Statistic And Geographics


    Simple Content For Fast Access

    -