Mengatasi Timbulnya Sariawan Dan Mencegahnya Dengan Beberapa Cara Tradisional Maupun Pengobatan Tepat Gizi Seimbang Terutama Untuk Vitamin C.

Pengertian Sariawan . Penyebab sariawan . Alergi Sariawan . Cara mencegah sariawan . Cara mengatasi sariawan

Ketika anda menderita sariawan, anda akan mengalami ketidaknyamanan dan kehilangan kenikmatan.Ada ketidaknyamanan pada saat berbicara, sehingga yang biasanya cerewet, tiba-tiba berubah jadi pendiam, yang biasa ceria menebar senyum kemana-mana, tiba-tiba berubah jadi nyengir atau malah cemberut terus, yang biasanya jago makan, tiba-tiba semua makanan yang enak-enak berubah menjadi tidak enak, karena kalau udah nyampe mulut dan bersentuhan dengan luka sariawan, rasanya bakalan nyut-nyutan, apalagi kalau makananannya terasa asam, pedas atau asin, wah nyerinya bakalan makin mantap.Nah, supaya bisa mengurangi penderitaan anda seperti diatas, ada baiknya anda memahami tentang penyakit ini, gimana cara mencegah dan mengatasinya.

Pengertian Sariawan atau bahasa medisnya disebut stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Penyebab sariawan merupakan penyakit yang sifatnya self limiting artinya akan sembuh dengan sendirinya (umumnya dalam waktu 7-14 hari). Beberapa ahli menyebutkan, bahwa penyebab pasti dari sariawan itu sendiri belum diketahui secara pasti, tapi dari beberapa literatur, disebutkan ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan sariawan, diantaranya:

  • 1.Trauma mekanis dapat disebabkan oleh : Tergigit pada bagian dinding pipi, bibir bagian dalam atau lidah, Sikat gigi yang nyungsep (gara-gara ngelamun saat sikat gigi) akhirnya melukai gusi, Pengaruh gigi palsu, Pengaruh kawat gigi
  • 2.Kekurangan vitamin C, Vitamin B12 dan zat besi
  • 3.Infeksi bakteri/ virus
  • 4.Kondisi tubuh tidak fit -Ketika pertahanan tubuh menurun, maka akan rentan sekali terinfeksi oleh bakteri/ virus tersebut
  • 5.Reaksi obat tertentu
  • 6.Mengkonsumsi makanan/ minuman panas
  • 7. Alergi Sariawan -Individu tertentu dapat mengalami alergi terhadap makanan tertentu, karena makanan tersebut dapat menstimulasi terjadinya sariawan, seperti keju, coklat, kopi, kacang-kacangan, kentang, tomat
  • 8.Kelainan pencernaan
  • 9.Kurang menjaga kebersihan mulut
  • 10.Ketidakseimbangan hormone (pada wanita yang mengikuti siklus menstruasi)
Cara mencegah sariawan Setelah mengetahui penyebab sariawan, maka anda pun dapat berusaha mempertahankan diri agar tidak terkena penyakit sariawan, diantaranya dengan cara:
  • 1. Menjaga kebersihan gigi dengan sikat gigi teratur. agar kebersihan mulut senantiasa dapat terjagaKalau jarang membersihkan mulut, maka resiko terinfeksi oleh bakteri/ virus bisa lebih tinggi.
  • 2. Memperbanyak minum air putih. agar mulut lebih sering terbilas air, sehingga dapat meminimalkan kotoran yang bersarang di gigi/ mulut
  • 3. Berkumur dengan antiseptik seperti air rebusan daun sirih atau produk-produk obat kumur yang mudah kita jumpai di apotek atau supermarker. Tapi jangan keseringan juga, karena bisa membuat mikroorganisme menjadi resisten
  • 4. Tingkatkan daya tahan tubuh : dengan cara istirahat yang cukup, olah raga dan mengkonsumsi makanan bergizi
Cara mengatasi sariawan Pengobatan sariawan bertujuan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sariawan:
  • 1. Berkumur dengan air garam hangat.
  • 2. Berkumur dengan mouth wash yang mengandung thymol glyserin untuk mengurangi rasa tidak nyaman, atau berkumur dengan antiseptik yang mengandung chlorhexidine atau povidone-iodine
  • 3. Perlindungan mekanis dengan sediaan berbentuk pasta atau serbuk yang mengandung carmellose sodium, atau sediaan berbentuk gel yang mengandung triamsinolon asetonida 0,1% (anda dapat membelinya di apotek dengan nama dagang Kenalog). Obat tersebut di oleskan di bagian luka.
  • 4. Untuk mengurangi rasa sakit dapat digunakan analgetik seperti salisilat, yang berfungsi untuk mengatasi iritasi dan luka lokal

Tag : Terimakasih sudah menyimak Cara Mengatasi Mencegah Sariawan Dengan Gizi Seimbang Terutama Vitamin C semoga bisa memberikan inspirasi yang positif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang resferensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika disediakan fasilitas download ada di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori Kesehatan ini merupakan sub dari add cegah atasi SARIAWAN.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai jambu klutuk ampuh untuk sariawan. Saat ini ada 32 artikel yang masuk dalam kategori kesehatan. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait Jambu klutuk memang terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyebab sariawan dan bisa menjadi alternatif terbaik sebagai cara mengatasi sariawan yg membandel. Selain menggunakan jambu klutuk cara mencegah sariawan dan berbagai alergi sariawan bisa dengan menambah asupan makanan yang banyak banget kandungan vitamin c. Yah langsung saja simak selengkapnya mulai dari pengertian sariawan hingga akhirnya anda menemukan cara yang tepat untuk penyembuhannya sesuai dengan kondisi metabolisme tubuh anda.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.

Kategori Kesehatan Cara Diet Langsing Sehat -



Comment

Post Visitor

Tanya Jawab

  • Comment from Sarwono (-) - ******sarwono@yahoo.co.id at 18/07/2013 - 21.32.52.PM : "Bagaimana cara mengobati tipus dan sariawan pada tenggorokan dan apakah boleh minum susu karena kalau makan sakitnya luar biasa dan bagaimana langkah baiknya?"
    Replay Adm :

    Silahkan bisa coba tips berikut untuk mengatasi dan mencegah sariawan tenggorokan :

    • 1. Buat Jus dari buah jambu klutuk atau jambu biji. Minimal 3 Buah dalam sehari. Ambil sarinya dan jangan dengan bijinya. Cara mengkonsumsinya adalah diminum setelah anda makan di pagi hari. Dan setelah makan beberapa saat atau sekitar 15menit. Kemudian dimalam hari jangan terlalu banyak makan atau makanlah secukupnya saja, saat anda akan tidur minumlah jus buah jambu klutuk tersebut. Dipagi hari setelah anda baangun tidur jangan langsung cuci mulut atau berkumur, diamkan beberapa menit 5-10 menit supaya tenggorokan anda dalam kondisi suhu dan metabolisme yg normal. Langkah pertama ini bisa meminimalisir sariawan secara natural dan jika cocok bisa menyembuhkan total, paling cepat 2 hari, maksimal 4hari.
    • 2. Jika anda akan minum susu, sebenarnya boleh saja. Tapi jangan terlalu manis dan telampau kental. Karena bisa menimbulkan iritasi, Minumlah susu tersebut yang anda suka jangan langsung banyak-banyak, tapi sesuai porsi anda tapi bertahap. Misalkan 1 gelas besar jangan langsung dihabiskan, tapi bertahap sampai habis tapi porsinya 1 gelas.
    • 3. Jika anda merasa tidak perih maka coba untuk berkumur dengan obat antiseptik atau antibiotik di pagi hari setelah bangun tidur. Untuk jenis obat kumurnya, coba jika berkenan konsultasikan dan minta rujukan diagnosis ke dokter langganan anda, agar menemukan rekomendasi obat kumur yang tepat dengan kondisi anda.
    • 4. Jangan terlalu banyak makanan yang berminyak dan terlalu pedas.

    NOTES : Lakukan cara ini jika anda cocok, Tandanya jika anda sudah menjalankan langkah utama secara natural nomor 1 diatas, dalam 2 hari saja sariawan di tenggorokan anda terasa lebih ringan dan tidak kaku atau terlalu sakit saat menelan, dan dalam 3 sampai hari berikutnya, sariawan bisa sembuh hanya dengan jus jambu klutuk tadi. Supaya lebih mantap dan yakin silahkan minta diagnosa ke dokter langganan anda atau rekan maupun saudara yang anda anggap terpercaya. Tips ini sudah teruji meskipun dihalaman ini tidak diuraikan terlalu detail. Dan juga kedepan akan menambah anti body anda saat terlalu cape karena mungkin beban pekerjaan yg banyak dan sering lembur. Karena kondisi tubuh yg kurang fit juga memicu timbulnya sariawan. Semoga lekas sembuh dan kembali normal untuk mengkonsumsi makanan yang anda suka. Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dan kepercayaan anda.

    _________________________________________

    Link Exchange : Bagi yg menginginkan tukar link, silahkan masuk ke bagian L-Exchanges khusus Kesehatan (Jika masih tersedia).



  • Note : Untuk tanya jawab umum yg berhubungan dengan Kesehatan, jawaban dikirimkan melalui email anda yang telah subscribe.


    Comment

    Post Visitor

    Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai jambu klutuk ampuh untuk sariawan :

       
    Nama
     

    E-Mail

     

     

     

    Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

    Comment

     

    Hasil perkalian
    7 dan 8=?

     
      

    Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai jambu klutuk ampuh untuk sariawan.

      
    Nama
    E-Mail
      
    Pesan / Konsul / Pertanyaan
    Nama rekan anda
    E-Mail rekan anda
    Hasil perkalian
    7 dan 8=?
     

    Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : jambu klutuk ampuh untuk sariawan, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

      

    Nama
     
    Alamat
     
    Kota
     
    E-Mail
     
    Telepon
     
      
      

    Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

    Hasil perkalian
    7 dan 8=?
     
      
       
       
       


    Statistic And Geographics


    Simple Content For Fast Access

    -