Cara dasar analisa memperbaiki kartu grafis dengan gambar pecah, bintik, blur pada layar monitor, serta faktor penyebab lain dengan batasan kerusakan dan teknik perbaikan khusus.

video memory . batasan kerusakan . faktor penyebab . GPU Vga overheat . induksi panas vram . korsluit . pecah bintik blur . carfully . Debu . FAN

Pernahkah anda mendapati layar monitor anda menampilkan gambar yang patah-patah dan tidak sempurna? Meskipun anda menggunakan VGA dengan video memory V-Ram dan bandwidth yang tinggi? Jangan langsung vonis monitor atau LCD anda yang rusak, karena masalah VGA bergambar patah-patah ini paling dominan pada video memory (vram) vganya bukan pada penampil seperti layar LCD atau monitornya. Sebelum mengambil langkah perbaikan, perhatikan spek vga anda, terutama jenis memory vga dan gpu.

WARNING! : TIPS yang akan diberikan ini ada batasannya, yaitu terbatas untuk kerusakan diluar Chipset GPU atau IC catu daya , Karena kerusakan tersebut membutuhkan alat khusus, teknik pengukuran khusus, teknik dengan persepsi yang tepat tidak spekulatif, dan jam terbang, karena untuk menganalisa kerusakan dan menemukan kesimpulan pada Chipset IC BGA pada vga terutama disini, selain keterampilan dibutuhkan jam terbang dan pengalaman, karena jika dianalisa hanya dengan teori teknis akan panjang dan tidak cukup sedikit. Tips berikut ini : khusus vga yang mengeluarkan gambar patah-patah, ngeblur, bintik-bintik, pecah-pecah, tersendat, Namun dengan catatan GPU vga Masih Normal. Referensi ini adalah referensi dasar bukan dalam bentuk dikte secara directional, Jadi untuk mendapatkan manfaat hingga muncul inspirasi teknis yang tepat : Simak dan Pahami dengan teliti dan ceramt.

Apa yang menyebabkan VGA Card sampai mengeluarkan gambar patah patah (Pecah, bluring, bintik, dsb) dan faktor apa saja yang paling berpengaruh? dan cara replace dan memperbaikinya :

1. GPU Vga terlalu panas, bisa overheat karena terlalu berat menjalankan proses streaming dan rendering, bisa karena kipas pendingin vganya memang sudah tidak berputar maksimal, karena rusak maupun karena terdapat banyak debu didalamnya. GPU yang terlampau panas, biasanya menyebabkan PC sering sekali restart mendadak atau tiba-tiba.

2. Video Memory (VRam) yang terkena induksi panas akibat kinerja prosessor VGA yang sudah berlebihan dan overheat. Memory vga yang terlalu panas akan terganggu proses induksinya, Dalam suhu yang terlalu tinggi konduktor dalam memory vga yang berukuran micron sangat rentan terkena dampak korsluit.

  • Memory VGA yang korsluit biasanya yang kena tidak satu biji IC Memory saja, tapi berpasangan, Jadi misalkan anda memiliki memory Vga 512Mb dengan jumlah keping IC ada 4biji, Maka setiap 1 keping ic bermemory 256MB, dan lazimnya jika anda akan memperbaiki atau mereplace salah satu jenis IC, maka tidak bisa mereplace atau mencopotnya hanya dengan 1 IC saja, tapi harus berpasangan dalam satu blok, Kalaupun anda akan menggantinya, maka harus dengan FSB merk dan Tipe yang identik (minimal), akan lebih baik jika direplace dengan merk dan type IC yang sama. Untuk melihat lebih detaildatasheet IC ini, anda bisa mencari informasi melalui vendor vga anda, atau searching menggunakan paman google.

  • Vga yang menampilkan gambar patah-patah atau pecah biasanya tidak hanya karena trouble pada modul vganya, Tetapi bisa karena kesalahan memilih type interface vga dengan slot yang ada di MB (Mother Board). Pastikan cara memilih vga untuk pc dengan tepat terutama apda interface dan Multiplier MB. Vga yang bermasalah jika dibiarkan dalam kurun waktu tertentu juga berpangaruh pada processor CPU yang cepat sekali panas dan bisa menyebabkan blue screen.

Untuk faktor nomor-2 dan cara mengatasinya ini, harus dilakukan dengan sangat hati hati (Keep Carefully and Do its Gently!) dan jika anda ragu bisa minta didampingi oleh rekan, sahabat, saudara, atau siapa saja yang paling anda anggap terpercaya dan memang sudah berpengalaman dalam elektronika digital dan sudah terbiasa memasang maupun mereplace IC-2 jenis BGA (Ball), kalaupun bukan BGA biasanya dalam bentuk kaki laba-laba atau kaki seribu. Langkah nomor-2 ini High Risk dan jangan melakukannya karena coba-coba, kecuali jika anda bisa menerima segala resikonya, karena mereplace IC jenis BGA maupun IC berkaki seribu (istilahnya) atau kaki laba-laba ini, tidak semudah mengganti komponen elektronika analog, yang jarak antar kaki maupun pinnya masih bisa terlihat jelas tanpa bantuan alat kaca pembesar/loop, Jadi jika akan repair pada langkah ini, harus extra hati-hati.

3. Faktor ketiga ini bisa dibilang faktor paling ringan, karena hanya tertimbun oleh debu yang berlebihan, Debu yang berlebihan dapat mengganggu sirkulasi udara pada kipas pendingin VGA dan bisa mempengaruhi atau meningkatkan suhu panas pada sekitar komponen VGA, jika anda sudah melihat dan cek pada VGA anda sudah terselimut banyak sekali debu maka segera anda bisa bersihkan, terutama pada bagian interface yang terhubung langsung pada motherboard, interface vga ini tergantung pada card interface dan vga yang anda miliki, bisa berjenis PCI-expree, PCi biasa, atau ISA atau apapun interface yang anda punya, Karena dengan membersihkan interface ini, bisa membantu memperlancar konduktifitas meskipun tidak terlalu banyak berpengaruh, tapi cara ini juga sudah banyak yang mencobanya, jika vga tidak/jarang dipaksa untuk bekerja dengan sangat keras, maka kemungkinan faktor ini yang akan paling memperngaruhi.

4. Mengganti FAN GPU VGA, Jika dirasa FAN anda bermasalah, atau bisa juga dengan memberikan sedikitpelumas pada poros bagian atas, Untuk mempraktekan cara ini juga harus teliti dan memperhatikan isolator yang menyelubungi, poros putar dinamo pada vga, biasanya dibagian ini ada chip regulator dan sensor suhu, jika kedua blok dan komponen inti ini terkena air, bisa menyebabkan kipas/fan tidak bisa berfungsi AUTO Fan processor, dan resiko terbesar fan vga matot (mati total) dan anda akhirnya harus benar-benar menggatinya.

Semoga referensi singkat ini bermanfaat. Sesuai dengan apa saja yang anda pahami. Karena uraian diatas tidak terlalu detail, karena belum menyebutkan type merk ic dan jenis gpu, Selamat bekerja dan beraktifitas.


Tag : Terimakasih sudah menyimak Cara memperbaiki VGA Card | Gambar Patah Patah semoga bisa memberikan inspirasi yang positif dan lebih aplikatif kedepannya. Karena memang resferensi edukatif ini jika dijelaskan lebih detail dan spesifik secara ilmiah akan sangat panjang. Jika disediakan fasilitas download ada di pojok kanan atas. Artikel dengan kategori VGA dan Monitor ini merupakan sub dari cara memperbaiki vga card gambar patah2.


Materi yang sedang anda lihat sekarang mengenai help lagi main game tiba tiba tampilan goyang patah patah solusi. Saat ini ada 2 artikel yang masuk dalam kategori vga dan monitor. Termasuk dalam halaman ini penjelasan terkait Jika anda lagi main game tiba-tiba saja tampilan menjadi goyang sampai patah-patah itu bisa karena resource pc yang anda pakai berkurang, dan bisa karena card vga overheat, serta kerusakan lain yang sering terjadi adalah bagian Video Memory (VRAM). Untuk cara ringan coba cek FAN jika terlalu banyak debu tebal, segera bersihkan karena mempengaruhi induksi panas pada VRAM, Pastikan RAM CPU support dengan game yang anda pakai. Untuk selengkapnya silahkan simak dasar-dasar analisa kerusakan vga dari berbagai faktor lain dan teknik perbaikan khusus. Hopefully it help.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.




Comment

Post Visitor

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel mengenai help lagi main game tiba tiba tampilan goyang patah patah solusi :

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis dg format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
1 dan 3=?

 
  

Silahkan jika anda serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh, dengan syarat berkomentar : gunakan data valid, terutama email aktif yang bisa di subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik dan prosedur tidak akan direspon dan comment yang anda masukan harus sesuai dengan topik materi mengenai help lagi main game tiba tiba tampilan goyang patah patah solusi.

  
Nama
E-Mail
  
Pesan / Konsul / Pertanyaan
Nama rekan anda
E-Mail rekan anda
Hasil perkalian
1 dan 3=?
 

Jika anda memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat yang anda percaya dan juga membutuhkan informasi ini maka anda boleh mengirimkan info ini menggunakan email yang valid, Silahkan isi form post visitor diatas dengan baik dan benar serta berhubungan dengan materi topik mengenai : help lagi main game tiba tiba tampilan goyang patah patah solusi, Gunakan post visitor ini sebaik mungkin.

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
  

Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
1 dan 3=?
 
  
   
   
   


Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access

-